Friday, September 24, 2021
HomeBerita MiliterBerita Militer DuniaSuper Tucano AU Afghanistan Laksanakan Misi Terbang Malam Perdana

Super Tucano AU Afghanistan Laksanakan Misi Terbang Malam Perdana

Super Tucano AU Afghanistan Laksanakan Misi Terbang Malam Perdana – HobbyMiliter.com – Angkatan Udara Afghanistan dikabarkan sukses melaksanakan sorti penerbangan malam perdana untuk unit pesawat kontra insurgensi atau COIN Sierra Nevada-Embraer A-29 Super Tucano.

Operasi misi perdana penerbangan di malam hari tersebut dilaksanakan kurang lebih dua minggu yang lalu, meski tidak dijelaskan secara pasti kapan tanggal tepatnya operasi tersebut dilaksanakan.

Selain menjadi sejarah pertama kalinya unit pesawat tempur COIN milik Angkatan Udara Afghanistan tersebut melaksanakan misi tempur di malam hari, operasi tersebut juga mencatatkan sejarah untuk pertama kalinya pilot pesawat tempur AU Afghanistan melaksanakan misi tempur malam hari.

BACA JUGA :  Rusia Bersiap Adakan Gencatan Senjata Di Aleppo Demi Pengiriman Bantuan

Pihak perusahaan produsen pesawat tempur COIN tersebut, menyebut bahwa sejatinya pesawat tempur serang darat tersebut sedari awal pengirimannya ke pihak Angkatan Udara Afghanistan atau Afghanistan AIr Force (AAF, red) sudah memiliki kemampuan atau kapabilitas untuk melaksanakan misi pertempuran di malam hari.

Namun dikarenakan pihak AU Afghanistan belum cukup berpengalaman dalam melaksanakan misi pertempuran di malam hari, maka operasi tempur malam tersebut baru dapat dilaksanakan dalam waktu belakangan ini.

Sejatinya, pesawat tempur serang darat atau COIN A-29 Super Tucano yang dimiliki oleh Angkatan Udara Afghanistan atau Afghanistan Air Force (AAF, red) telah dibekali dengan sederet kemampuan untuk menunjang pengoperasiannya di medan tempur.

BACA JUGA :  Mengenal Rudal Chiron yang Memperkuat Arsenal TNI AU

Salah satu kemampuan yang dimiliki oleh pesawat kontra insurgensi tersebut adalah membawa dan menjatuhkan munisi bom presisi. Kemampuan ini sayangnya masih belum dimanfaatkan dengan baik oleh Angkatan Udara Afghanistan atau Afghanistan Air Force. Pihak Afghanistan bukannya tidak mau memanfaatkan sederet kemampuan yang dimiliki oleh pesawat tempur ini.

Mereka dikabarkan belum mencoba menghantam sasaran – sasaran yang ada dengan munisi presisi di malam hari karena beberapa pertimbangan. Pertimbangan pertama adalah kecepatan pesawat yang relatif rendah dengan tingkat visibilitas yang baik membuat proses pembidikan terhadap sasaran dapat berjalan dengan baik tanpa harus menggunakan sistem pembidik yang khusus digunakan untuk munisi presisi.

BACA JUGA :  Tawarkan Barter, Donald Trump Siap Cabut Sanksi Rusia

Pertimbangan kedua adalah Afghanistan belum dapat melakukan akuisisi terhadap munisi – munisi presisi yang tersedia bagi pesawat kontra insurgensi tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments

black donkey{(revolution mindset)}>???? on MARINIR INDONESIA – AMERIKA BERBAGI ILMU DI SITUBONDO
Thomson Sirait on Kehidupan di KRI Makassar 590
Ananda Andriyo on Patroli di Tanah Papua
HobbyMiliter on Patroli di Tanah Papua