Super Tucano AU Afghanistan Laksanakan Misi Terbang Malam Perdana

0
618
Super Tucano AU Afghanistan Laksanakan Misi Terbang Malam Perdana
Super Tucano AU Afghanistan Laksanakan Misi Terbang Malam Perdana. Ilustrasi Pesawat Super Tucano AU Afghanistan. Sumber : jane's

HobbyMiliter.com – Super Tucano AU Afghanistan Laksanakan Misi Terbang Malam Perdana. Angkatan Udara Afghanistan dikabarkan sukses melaksanakan sorti penerbangan malam perdana untuk unit pesawat kontra insurgensi atau COIN Sierra Nevada-Embraer A-29 Super Tucano. Operasi misi perdana penerbangan di malam hari tersebut dilaksanakan kurang lebih dua minggu yang lalu, meski tidak dijelaskan secara pasti kapan tanggal tepatnya operasi tersebut dilaksanakan. Selain menjadi sejarah pertama kalinya unit pesawat COIN milik Angktan Udara Afghanistan tersebut melaksanakan misi tempur di malam hari, operasi tersebut juga mencatatkan sejarah untuk pertama kalinya pilot pesawat tempur AU Afghanistan melaksanakan misi tempur malam hari.

BACA JUGA :  Kapal Induk Liaoning Tiongkok Siap Berlayar Menuju Lepas Pantai AS

Pihak perusahaan produsen pesawat tempur COIN tersebut, menyebut bahwa sejatinya pesawat tempur serang darat tersebut sedari awal pengirimannya ke pihak Angkatan Udara Afghanistan atau Afghanistan AIr Force (AAF, red) sudah memiliki kemampuan atau kapabilitas untuk melaksanakan misi pertempuran di malam hari. Namun dikarenakan pihak AU Afghanistan belum cukup berpengalaman dalam melaksanakan misi pertempuran di malam hari, maka operasi tempur malam tersebut baru dapat dilaksanakan dalam waktu belakangan ini.

Sejatinya, pesawat tempur serang darat atau COIN A-29 Super Tucano yang dimiliki oleh Angkatan Udara Afghanistan atau Afghanistan Air Force (AAF, red) telah dibekali dengan sederet kemampuan untuk menunjang pengoperasiannya di medan tempur. Salah satu kemampuan yang dimiliki oleh pesawat kontra insurgensi tersebut adalah membawa dan menjatuhkan munisi bom presisi. Kemampuan ini sayangnya masih belum dimanfaatkan dengan baik oleh Angkatan Udara Afghanistan atau Afghanistan Air Force. Pihak Afghanistan bukannya tidak mau memanfaatkan sederet kemampuan yang dimiliki oleh pesawat tempur ini. Mereka dikabarkan belum mencoba menghantam sasaran – sasaran yang ada dengan munisi presisi di malam hari karena beberapa pertimbangan. Pertimbangan pertama adalah kecepatan pesawat yang relatif rendah dengan tingkat visibilitas yang baik membuat proses pembidikan terhadap sasaran dapat berjalan dengan baik tanpa harus menggunakan sistem pembidik yang khusus digunakan untuk munisi presisi. Pertimbangan kedua adalah Afghanistan belum dapat melakukan akuisisi terhadap munisi – munisi presisi yang tersedia bagi pesawat kontra insurgensi tersebut.

BACA JUGA :  TNI POLRI Gunakan Skytrack untuk Pantau Daratan dari Udara

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here