Mochammad Idjon Djanbi, Bapak Kopassus Indonesia
Mochammad Idjon Djanbi, Bapak Kopassus Indonesia

Mochammad Idjon Djanbi, Bapak Kopassus Indonesia – HobbyMiliter.com. Jika ada pertanyaan, siapakah ikon pasukan khusus Indonesia? Pastilah nama Idjon Djanbi berada di urutan pertama. Mantan prajurit komando Belanda yang bernama asli┬áRokus Bernardus Visser inilah yang mengasah mental dan fisik anggota TNI AD terpilih, untuk pertama kali, dilatih menjadi prajurit tangguh berkualifikasi komando.

Mochammad Idjon Djanbi lahir di desa kecil Boskoop, 13 Mei 1914 dengan nama Eropa (lahir) Rokus Bernardus Visser. Ia berasal dari lingkungan keluarga petani bunga dan peternak khas corak pedesaan di negeri Belanda. Lingkungan itu membentuknya tumbuh menjadi anak laki-laki yang gemar bergaul di luar rumah. Berbagai hobi menantang dilakoninya seperti mendayung perahu kayu di danau, balapan mobil, bermain sepak, berkuda bola bahkan mendaki gunung.

Baca juga :   Demi Su-35, Indonesia Utang US$ 850 Juta

Kegiatan ini kerap kali membuat kakek dan neneknya kewalahan mengawasinya. Meski demikian prestasi akademis di sekolahnya lumayan baik. Visser memasuki Sekolah Pertanian Menengah Atas dan berpraktik di sejumlah negara di Eropa selain Belanda seperti Inggris, Belanda, lerman, dan Perancis.

Hobi mendaki gunung masih berlanjut sampai masa ia memutuskan mukim di Indonesia. Beberapa gunung yang telah ia daki di Eropa antara lain Gunung Snowdon dan Ben Nervis (Inggris), Mont Blanc (Swiss), beberapa gunung di Jerman Selatan serta gunung-gunung di Indonesia yaitu Lawu, Merapi, dan Bromo. Lingkungan kehidupan keluarga yang dekat dengan alam membentuknya bercita-cita menjadi seorang ahli agraris.

Baca juga :   Seri Kapal Legendaris TNI AL : KRI Rencong 622

Untuk mewujudkannya, ia memperdalam pengetahuannya dengan mengambil kursus agraria di Liverpool, Inggris. Kemudian mempraktikan pengetahuannya sebagai pengusaha ekspor impor bidang agraria dan holtikultura (tanaman hias) tahun 1935-1940. (Klik dibawah untuk ke halaman berikutnya).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here