Tuesday, March 26, 2024
HomeAlutsistaPesawat TempurMengenal MiG-21 Bison AU India, Korban Konflik India vs Pakistan

Mengenal MiG-21 Bison AU India, Korban Konflik India vs Pakistan

Mengenal MiG-21 Bison AU India, Korban Konflik India vs Pakistan –  HobbyMiliter.com. Pakistan mengklaim bahwa pesawat tempur JF-17 nya berhasil menembak jatuh MiG-21 Bison Angkatan Udara India dan kemudian menahan pilotnya.  Sebagian netizen kemudian pun membandingkan kedua pesawat tempur tersebut.

Mengenal MiG-21 Bison AU India, Korban Konflik India vs Pakistan
Mengenal MiG-21 Bison AU India, Korban Konflik India vs Pakistan

Banyak yang mengganggap tidak adil untuk mempertandingkan JF-17 yang dianggap sebagai pesawat tempur generasi ke 4 dengan MiG-21 yang merupakan pesawat tempur generasi ke 3. Tentu saja,  dengan realita di medan lapangan,  kita tidak bisa memillih siapa lawan kita.  Ini medan pertempuran,  bukan ring MMA.

BACA JUGA :  Fujian Kapal Induk Baru China Type 003 Resmi Diluncurkan

MiG-21 Bison yang jatuh ditembak Pakistan adalah upaya India untuk memperpanjang usia hidup airframe pesawat tempur legendaris buatan Uni Soviet MiG-21 dengan mempercanggih isinya.

Sekitar 110 MiG-21 original milik Angkatan Udara India diupgrade menjadi MiG-21 Bison mulai dari tahun 2006. Upgrade yang dilakukan dalam proyek MiG-21 Bison ini antara lain meliputi penggantian radar, avionik dan sistem komunikasi yang lebih canggih dibanding perangkat original buatan Sovietnya yang sudah jadul sekali.

MiG-21 Bison hasil upgrade didesain mampu membawa berbagai macam amunisi dan persenjataan sehingga bisa melakukan misi misi multirole. Mulai dari bom bodoh, hingga rudal udara ke udara canggih macam R-73 (jarak pendek) dan R-77.(jarak menengah).

BACA JUGA :  Taktik Dogfight Kanon Klasik di Era Jet tempur Modern
Mengenal MiG-21 Bison AU India, Korban Konflik India vs Pakistan
Mengenal MiG-21 Bison AU India, Korban Konflik India vs Pakistan
Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

arctic 1

Mengenal Accuracy International Arctic Warfare L96A1, Senapan TNI Yang Bertahan di...

0
HobbyMiliter.com – Mengenal Accuracy International Arctic Warfare L96A1, Senapan TNI Yang Bertahan di Suhu Rendah. Tugas dan fungsi sniper (penembak runduk) pada sebuah pertempuran...

Recent Comments