Tuesday, June 28, 2022
HomeAlutsistaKapal PerangLittoral Mission Vessel, Kapal Perang Singapura

Littoral Mission Vessel, Kapal Perang Singapura

HobbyMiliter.com – Mengenal Littoral Mission Vessel, Kapal Perang Misi Littoral Buatan Singapura. Berbicara tentang khazanah kapal perang di jajaran angkatan bersenjata matra laut di ASEAN, tentu kita tahu bahwa berbagai negara di wilayah Asia Tenggara menggunakan berbagai jenis dan tipe kapal perang khususnya kapal perang permukaan utama.

Mungkin anda sebagai antusias militer telah mengenal beberapa nama-nama kelas kapal perang permukaan utama yang tersohor di ASEAN. Sebut saja jenis kapal perang Frigate kelas Formidable yang bertugas di AL Singapura, kapal perang jenis Frigate kelas Gepard yang bertugas di AL Vietnam, atau kapal perang jenis Frigate kelas Naresuan yang bertugas di Thailand.

Nah, kali ini, HobbyMiliter akan mengulas tentang kapal perang permukaan utama yang didesain untuk tugas atau misi – misi yang terbilang khusus. Memiliki dimensi atau ukuran fisik yang mendekati ukuran fisik kapal perang jenis Korvet namun kapal ini tidak digolongkan sebagai sebuah Korvet. Uniknya, meski tidak digolongkan kedalam jenis Korvet, kapal ini memiliki sistem persenjataan dan sensor yang dapat dibawa oleh sebuah Korvet pada umumnya. Pembaca yang budiman, inilah kisah tentang Littoral Mission Vessel, kapal perang misi littoral buatan Singapura.

BACA JUGA :  Rusia Kembangkan Jet Tempur Generasi Keenam dan Ketujuh, Sukhoi T-50 Siap Diproduksi
Mengenal Littoral Mission Vessel, Kapal Perang Misi Littoral Buatan Singapura
Mengenal Littoral Mission Vessel, Kapal Perang Misi Littoral Buatan Singapura. Peletakan Lunas RSS Independence, Kapal Pertama Dari Kapal Perang Jenis LMV Untuk AL Singapura.
Sumber : naval technology

Sejarah Singkat LMV

Untuk menelusuri asal usul dibuatnya kapal perang jenis Littoral Mission Vessel, kita perlu sedikit beranjak ke masa lalu, tepatnya pada tahun 2013 dimana pemerintah Singapura mulai mencari kapal yang cocok untuk menggantikan tugas kapal patroli kelas Fearless.

Pemerintah Singapura akhirnya memutuskan untuk membangun kapal pengganti kapal patroli kelas Fearless tersebut di dalam negeri dan memilih perusahaan industri strategis dalam negeri Singapura, ST Engineering sebagai perusahaan yang akan men-desain dan membangun sebanyak 8 unit kapal perang jenis Littoral Mission Vessel tersebut.

BACA JUGA :  Kisah Aksi Sabotase Prajurit Kopaska TNI AL di Johor Malaysia

Untuk urusan desain kapal, ST Engineering melalui unit usaha galangan kapal dan bisnis maritime nya, ST Marine, menggandeng SAAB Kockums AB, perusahaan industri pertahanan strategis asal Swedia. Pengerjaan desain, pembangunan kapal hingga proses uji kelayakan kapal jenis Littoral Mission Vessel ini sepenuhnya diawasi oleh lembaga Defence Science and Technology Agency (DSTA) selaku perwakilan pemerintah Singapura sekaligus system integrator bagi perangkat sistem senjata dan sensor yang terpasang pada kapal perang misi littoral tersebut.

Sejatinya, desain kapal perang misi littoral buatan dalam negeri Singapura ini mengambil basis dari desain kapal perang jenis multi-mission patrol vessel besutan SAAB Kockums yang oleh mereka dinamai FLEX-Patrol. ST Marine kemudian ditunjuk oleh ST Engineering selaku induk perusahaan untuk menjadi lead system integrator sekaligus menjadi galangan kapal utama yang akan membangun sebanyak 8 unit kapal perang khusus misi littoral ini.

BACA JUGA :  Sejarah Perkembangan Teknologi Helikopter Tempur Rusia
Mengenal Littoral Mission Vessel, Kapal Perang Misi Littoral Buatan Singapura
Mengenal Littoral Mission Vessel, Kapal Perang Misi Littoral Buatan Singapura. Peletakan Lunas RSS Fearless,Kapal Ke Delapan Sekaligus Kapal Terakhir Di Kelas Independence LMV Untuk AL Singapura.
Sumber : defense-studies

Pemerintah Singapura memperkirakan kapal pertama dari jenis ini akan mulai dikirimkan ke Angkatan Laut Singapura pada tahun 2016, dan sebanyak 7 kapal lainnya akan dikirim secara bertahap hingga mencapai jumlah 8 unit yang diharapkan beroperasi penuh pada tahun 2020. Peletakan lunas untuk unit kapal pertama dari jenis Littoral Mission Vessel ini dilaksanakan pada 11 September 2014 di area galangan kapal Benoi Yard milik ST Marine.

Kristian Prasetyo Lobo
Kristian Prasetyo Lobohttps://www.facebook.com/Achtung.sniper
Just an ordinary person who loves diecast and military related-stuffs. Enjoy my writings as you enjoy your daily delicious food. Wanna put some suggestion? Don't hesitate to comment on my posts or you can sending me message on my facebook profile. ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

5-iran-akan-sering-memprovokasi-as

Pengamat Peringatkan Iran Akan Sering Memprovokasi Angkatan Laut AS

0
HobbyMiliter.com - Pejabat Komando Pusat AS mengatakan bahwa tindakan Iran yang menembakkan roket dengan jarak 1 mil dari lokasi kapal pengangkut Angkatan Laut AS,...

Recent Comments