Wednesday, February 28, 2024
HomeAlutsistaKapal PerangFoto Satelit: Kapal Induk China Ke 3 Dibangun, Jauh Lebih Besar Dari...

Foto Satelit: Kapal Induk China Ke 3 Dibangun, Jauh Lebih Besar Dari Liaoning

Diperkirakan China akan memiliki 6 kapal induk operasional pada tahun 2030 nanti. 2 dari Type 001 dan 001A serta empat lainnya dari type 002. Saat ini, pembangunan kapal kapal pendukungnya pun dilakukan dengan luar biasa. Beberapa tahun terakhir, China meluncurkan belasan destroyer dan puluhan fregat bertonase besar. Jumlah kapal baru dan modern yang diluncurkan China untuk memodernisasi Angkatan Lautnya ini berkali kali lipat lebih banyak dari pada yang diluncurkan oleh Rusia pada periode yang sama.

Perbandingan antara kapal induk Type 002 denga Type 001
Perbandingan antara kapal induk Type 002 denga Type 001A

Bahkan, dengan teknologi menyerupai AEGIS nya destroyer Amerika, kapal kapal China ini diperkirakan lebih canggih, memiliki firepower lebih besar dan jarak jangkau yang lebih jauh dari pada kapal kapal baru Rusia yang akhir akhir ini hanya berkutat membangun kapal bertipe korvet. Pembangunan puluhan kapal perang ini dimaksudkan untuk menyiapkan armada Carrier Battle Group bagi kapal induk kapal induknya nanti.

BACA JUGA :  Selayang Pandang Armada Pesawat Tanpa Awak China Di Laut China Selatan

China, dengan dana yang luar biasa, mengebut pembangunan armada maritimnya. Saat ini memang masih belum memerintahkan kedua kapal induknya melalangbuana seperti yang dilakukan oleh negara negara pemilik kapal induk lain.

Hal tersebut lebih di karenakan China masih dalam tahap belajar dan menguji coba doktrin pengoperasian kapal induk serta mencari dan menerapkan teknologi teknologi baru dalam kedua kapal induknya tersebut. Namun dengan kebutuhan China mengamankan Sea Line of Communication nya dalam kerangka One Belt One Road Initiative, maka dari kacamata China wajar saja China mulai membangun hingga 6 Carrier Battle Group dalam waktu singkat.

BACA JUGA :  Datangnya Kapal Selam Type 218SG Pada Armada Bawah Air Singapura

Namun, bagaimana tanggapan dan reaksi dari negara sekitar China?

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

5 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Mengenal Teknologi EPAWSS di Pesawat Tempur F-15 Eagle

Mengenal Teknologi EPAWSS di Pesawat Tempur F-15 Eagle

0
Mengenal Teknologi EPAWSS di Pesawat Tempur F-15 Eagle - HobbyMiliter.com - Pesawat tempur modern harus menghadapi ancaman yang semakin kompleks di medan perang modern....

Recent Comments