Friday, March 1, 2024
HomeMiliterAnalisis MiliterMiG-29 vs F-16, Mana Pesawat Tempur Yang Lebih Unggul?

MiG-29 vs F-16, Mana Pesawat Tempur Yang Lebih Unggul?

Namun sekali lagi perlu ditekankan, kita sedang membandingkan F-16C dengan MiG-29A. Tentu saja sudah banyak peningkatan yang dilakukan pada versi akhir kedua pesawat, misalnya antara F-16 Block 70 dan MiG-35.

MiG-29 vs F-16, Mana Pesawat Tempur Yang Lebih Unggul?
MiG-29 vs F-16, Mana Pesawat Tempur Yang Lebih Unggul?

Kalau rudal sudah habis namun keduanya masih survive, maka sudah saatnya kanon berbicara. F-16 mempunyai kanon M61 Vulcan dengan rate-of-fire lebih tinggi, sekitar 6000 peluru per menit. Sedangkan MiG-29 mempunyai kanon GSz-30-1 dengan rate-of-fire hanya sekitar 1500 peluru per menit, namun memiliki kaliber 30mm, lebih besar dari pada kaliber M61 Vulcan yang 20mm. Artinya, jika kena, peluru MiG-29 mempunyai daya rusak yang lebih besar dibanding dengan peluru F-16.

Selain itu, laser rangefinder dari kano GSz-30-1 milik MiG-29 sangatlah akurat, sehingga dalam simulasi, hanya cukup 3 sampai 5 peluru saja sudah bisa membinasakan lawan. Selain itu, MiG-29 (dan pasangan hidupnya, Su-27) juga dilengkapi dengan IRST (Infra-red search and track).

BACA JUGA :  JF-17 Diklaim Battle Proven, Pakistan Keluarkan Foto Foto Reruntuhan Pesawat India

Dari sini sudah terlihat bahwa F-16 mempunyai keunggulan dalam jarak medium sedangkan MiG-29 mempunyai keunggulan dalam jarak visual. Tapi tetap saja, hasil dari misi tempur tetap bergantung dari banyak faktor. Antara lain, senjata yang dibawa dan kemampuan serta pengalaman pilot itu sendiri. Kemampuan serta pengalaman pilot didasarkan bagaimana sering pelatihan pilot, dan bagaimana kualitas pelatihan pilot itu sendiri.

MiG-29 vs F-16, Mana Pesawat Tempur Yang Lebih Unggul?

Selain itu, Angkatan Udara yang pernah bertempur dalam peperangan sesungguhnya tentu mempunyai know-how yang penting yang tidak dimiliki oleh yang belum pernah terlibat dalam pertempuran sesungguhnya, apalagi sudah tidak pernah bertempur sungguhan, juga tidak pernah berlatih dengan pihak lain ataupun berlatih dengan melawan pesawat jenis lain. 

Dari sisi pertempuran sungguhan, F-16 mempunyai rasio Kill/Loss sebanyak 92:13. Sedangkan MiG-29 mempunyai rasio Kill/Loss sebanyak 16:28. Korban F-16 paling banyak diberikan oleh Angkatan Udara Israel dengan 52 confirmed kill, urutan kedua diberikan oleh Angkatan Udara Pakistan dengan 24 confirmed kill.

BACA JUGA :  WESCAM MX-20HD: Meningkatkan Boeing 737 TNI AU Hingga Menyamai Poseidon
MiG-29 vs F-16, Mana Pesawat Tempur Yang Lebih Unggul?
MiG-29 vs F-16, Mana Pesawat Tempur Yang Lebih Unggul?

Urutan ke tiga adalah Angkatan Udara Turki. Sebagaimana disebutkan diatas, masing masing kejadian bisa jadi punya banyak alasan dan keadaan yang berbeda dan tidak berarti F-16 mempunyai kemampuan jauh lebih baik.

Sangatlah sulit menentukan jet tempur mana yang terbaik dalam kasus MiG-29 vs F-16 ini. Ada berbagai macam perbedaan krusial antara MiG-29 dan F-16 yang tidak bisa disebutkan dengan detail dalam artikel ini. Tapi tentu saja, dengan segala kelebihan dan kekurangannya, keduanya merupakan pesawat tempur yang hebat.

BACA JUGA :  TOT Bom Pintar HAMMER, Perwakilan Safran Electronics & Defense Kunjungi PT Pindad

Dalam beberapa pendapat, pilot Jerman yang lebih tua lebih memilih menerbangkan MiG-29 karena bisa “merasakan” kontrolnya di tongkat kendali, dibandingkan dengan kendali F-16 yang disebut menyerupai “kontrol video game”. Maklum, F-16 menggunakan teknologi Fly-by-Wire berbasis komputer, sedangkan MiG-29 menggunakan kontrol hidrolik.

MiG-29 vs F-16, Mana Pesawat Tempur Yang Lebih Unggul?

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

33 COMMENTS

  1. Aerodinamis yh mig pesawat ini sangat fenomenal pswat ini pernh mnjdi ujung tombak serbuan isrel ats negara2 arab wktu itu isrel dn rusia bgaikn guru dn murid sngat di syangkn negara arab klah telak pd perang cuman 6 hari hnya dr serbuan udara ini pelajran bgi kita kedepn hrus lbh waspada

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

KRI Raden Eddy Martadinata 331

Foto Foto & Spesifikasi Perusak Kawal Rudal SIGMA 10514 Martadinata Class...

0
Untuk memperkuat Angkatan Laut Indonesia, pemerintah memesan 2 kapal Perusak Kawal Rudal (Destroyer Escort, Guided Missile = Fregat) berbasis SIGMA 10514 dari PT PAL...

Recent Comments