Saturday, April 27, 2024
HomeAlutsistaPesawat TempurYF-23, Prototype Pesawat Tempur Stealth USAF Yang Gagal Diproduksi

YF-23, Prototype Pesawat Tempur Stealth USAF Yang Gagal Diproduksi

YF-23, Prototype Pesawat Tempur Stealth USAF Yang Gagal Diproduksi – HobbyMiliter.com – Pesawat tempur YF-23, juga dikenal sebagai Northrop/McDonnell Douglas YF-23, adalah pesawat tempur tempur generasi ke-5 eksperimental yang dirancang oleh Northrop Corporation dan McDonnell Douglas.

Pesawat ini kalah ketika berkompetisi dengan pesawat tempur YF-22 dalam tender program Advanced Tactical Fighter (ATF) Amerika Serikat yang dimulai pada tahun 1980-an. Meskipun tidak dipilih sebagai pesawat tempur resmi Amerika Serikat, YF-23 tetap menjadi salah satu pesawat tempur tercanggih yang pernah dibuat. Pemenang tender program ATF, YF-22 sendiri kemudian beroperasi dengan kode F-22 Raptor.

BACA JUGA :  Su-27 Rusia Mencegat Pengintai Maritim P-8A Poseidon Amerika Di Atas Laut Baltik

Pada tahun 1981, Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF) memulai program ATF untuk mengembangkan pesawat tempur generasi ke-5 untuk menggantikan pesawat tempur F-15 Eagle dan F-16 Fighting Falcon. Unik memang, F-15 dan F-16 keduanya belum 10 tahun beroperasi, program peremajaannya sudah dimulai.

YF-23, Prototype Pesawat Tempur Stealth USAF Yang Gagal Diproduksi

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Ilustrasi HAL LCH

Hindustan Aeronautics Limited Mulai Produksi Helikopter LCH

0
HobbyMiliter.com - Hindustan Aeronautics Limited (HAL), perusahaan dirgantara India akan mulai produksi helikopter tempur hasil riset dan pengembangan dalam negeri India. Helikopter tempur ini akan...

Recent Comments