Saturday, April 27, 2024
Home2S31 Vena, Mortir Swagerak asal Rusia

2S31 Vena, Mortir Swagerak asal Rusia

Akhir-akhir ini banyak beredar berita bahwa Korps Marinir akan membeli alutsista baru berupa Mortir Swagerak 2S31 Vena. Berita ini datang langsung dari komandan korps marinir dalam sebuah wawancara dengan wartawan.

Sebuah berita mengejutkan, terutama alutsista jenis ini jarang terdengar di kalangan para penggemar militer Indonesia, kalah pamor dengan alutsista-alutsista Rusia lainnya seperti Tank Tempur Utama T-90, Artileri Swagerak MSTA, Peluncur Roket Multi Laras Swagerak Smerch ataupun tank masa depan ARMATA. Terlebih lagi alutsista jenis ini jarang terdapat di militer negara-negara lain, terutama negara NATO.

BACA JUGA :  FMTC Program Pesawat Angkut Taktis Medium Tiga Negara Eropa

Oleh karena itu, mari kita ulas sedikit tentang jenis alutsista ini. Dalam dunia kemiliteran, kita mengenal istilah “Mortir” sebagai salah satu jenis artileri selain “Gun” atau “Howitzer”. Perbedaan utama dari ketiga jenis artileri ini adalah trajectory atau sudut kemiringan tembakannya.

2A45M Sprut-B. Salah satu Anti Tank Gun tarik yang masih diproduksi dan digunakan oleh Rusia
2A45M Sprut-B. Salah satu Anti Tank Gun tarik yang masih diproduksi dan digunakan oleh Rusia

“Gun” biasa ditembakkan dengan sudut elevasi mendatar (dibawah 45 derajat), dan memiliki jarak tembak paling jauh dengan kecepatan laras paling tinggi. Oleh karena itu Gun cocok digunakan sebagai bantuan tembakan langsung dimana tembakan langsung diarahkan ke target (direct fire) dan cocok untuk menembakkan munisi anti tank jenis APFSDS (Armor Piercing Fin Stabilized Discarding Sabot). Saat ini Gun hanya digunakan di Tank dan ranpur Anti Tank Swagerak, untuk jenis tarik sebagian besar digantikan oleh Rudal anti tank. Saat ini hanya tinggal 2A45M Sprut-B yang masih diproduksi dan digunakan oleh Russia.

Bhaskoro Aji Wibowo
Bhaskoro Aji Wibowohttp://www.facebook.com/Tactical.Uncle
Seorang Engineer. Moderator Forum Militer di Kaskus - Forum Komunitas Terbesar di Indonesia. Owner dari Military Tacticool Apparel "Tactical Uncle Outdoor and Military Style Gears." Mempunyai passion untuk memberi pencerahkan kepada yang belum tercerahkan.

1 COMMENT

  1. pertamax buat saya….

    saya suka alutsista german dan rusia, dan sepertinya vena sesuai untuk marinir TNI, btw apakah betul vena bisa menembak di saat masih berada di permukaan air/laut?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Rusia Mulai Pamerkan Sistem Hanud Khusus Kutub Utara

Rusia Mulai Pamerkan Sistem Hanud Khusus Kutub Utara

0
HobbyMiliter.com - Rusia Mulai Pamerkan Sistem Hanud Khusus Kutub Utara. Rusia mulai memamerkan unit sistem senjata pertahanan udara yang nantinya akan digunakan khusus untuk kontingen pasukan...

Recent Comments