MiG-21, Pesawat Jet Tempur Sepanjang Masa

0
359
MiG 21 Jet Tempur Sepanjang Masa 9
MiG-21, Pesawat Jet Tempur Sepanjang Masa. MiG-21F, Varian Awal Produksi Massal MiG-21, Perhatikan Bahwa Pada Varian Awal, Senjata Yang Digunakan Adalah Kanon Internal Kaliber 30 Dan 23 Milimeter.
Sumber : airwar

Penerbangan perdana prototype Ye-6/3 dilaksanakan pada bulan Desember 1958. Setelah melakukan serangkaian tes terbang, prototype Ye-6/3 kemudian berhasil mencetak dua rekor dunia. Rekor pertama, dibuat oleh pilot uji terbang G.K Mosolov pada tanggal 31 Oktober 1959 dengan menjadikan Ye-6/3 sebagai pesawat tercepat pertama yang terbang dengan kecepatan maksimal pada lintasan lurus sejauh 25 kilometer dengan kecepatan 2.504 kilometer per jam atau setara 2,2 kali kecepatan suara (Mach 2,2). Rekor kedua, dibuat oleh pilot uji terbang K.K Kokkinaki pada tanggal 16 September 1960 dimana Ye-6/3 berhasil melakukan terbang pada lintasan closed-circuit 100 kilometer dengan kecepatan maksimal 2.499 kilometer per jam atau setara 2,2 kali kecepatan suara (Mach 2,2). Menariknya, kedua rekor ini didaftarkan pada Federation Aeronautique Internationale (FAI) yang merupakan lembaga khusus yang mengatur dan mengarsipkan segala aktivitas serta rekor aeronautika di dunia, dengan menggunakan identitas palsu. Pesawat Ye-6/3 yang tercatat membuat dua rekor tersebut oleh Uni Soviet disamarkan identitasnya dengan kode designasi Ye-66.

Penampilan perdana Mikoyan Gurevich MiG-21 dihadapan publik internasional sebagai sebuah jet tempur dilakukan pada tahun 1959 hingga 1960 dimana MiG-21F mulai menampakkan dirinya pada ajang eksibisi aviasi Tushino Air Display yang dilakukan di Tushino airfield, Moskow sebagai sebuah pesawat tempur milik VVS alias Angkatan Udara Uni Soviet (penampilan – penampilan tahun sebelumnya menampilkan prototype dari MiG-21 dengan desain tapered swept wing – Ye-2 dan desain delta wing – Ye-4).

MiG-21 F merupakan varian awal yang masuk ke lini produksi massal dan mulai diperkenalkan ke dalam jajaran AU Uni Soviet (Voyenno-Vozdushnye Sily atau bisa disingkat VVS). MiG-21 F versi awal mulai berdinas di AU Uni Soviet pada medio tahun 1959. Oleh pihak NATO, pesawat jet tempur ini kemudian diberi kode nama “Fishbed”. Sebagian pilot penerbang di AU Uni Soviet memberi julukan “Balalaika” kepada MiG-21. Ini karena bentuk sayapnya yang menggunakan delta wing dengan badan pesawat cenderung meruncing kecil nampak mirip dengan Balalaika, alat musik tradisional khas Russia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here