Friday, June 14, 2024
HomeAlutsistaPesawat TempurKisah Pilot Yang Diselamatkan Kursi Lontar Pesawat Tempur Buatan Rusia

Kisah Pilot Yang Diselamatkan Kursi Lontar Pesawat Tempur Buatan Rusia

Kisah Pilot Yang Diselamatkan Kursi Lontar Pesawat Tempur Buatan Rusia – HobbyMiliter.com. Kursi lontar alias ejection seat merupakan teknologi yang luar biasa. Dengan menempatkan pilot dalam situasi berbahaya dgn berada dibawah bahan peledak (kanopi) dan mendudukannya diatas roket, perancang kursi lontar justru sudah menyelamatkan banyak nyawa.

Termasuk kursi lontar buatan Soviet dan Rusia, yang juga sudah menyelamatkan banyak nyawa ketika pesawatnya sudah tidak bisa diselamatkan lagi. Berikut beberapa kisahnya.

Tabrakan 2 Pesawat Tempur MiG 29 di The Royal International Air Tattoo (RIAT) Fairford 1993

Kisah Pilot Yang Diselamatkan Kursi Lontar Pesawat Tempur Buatan Rusia

Dalam sebuah airshow berjudul The Royal International Air Tattoo (RIAT) di pangkalan udara RAF Fairford Glouchestershire di tahun 1993, dua buah MiG 29 Fulcrum melakukan aksi manuver di udara dan bertabrakan satu sama lain. Kejadian tersebut disaksikan oleh lebih dari 250000 pengunjung yang memadati acara tersebut.

BACA JUGA :  Kiprah Detasemen Bomber Nuklir Handley Page Victor RAF Di Masa Konfrontasi RI-Malaysia

Kisah Pilot Yang Diselamatkan Kursi Lontar Pesawat Tempur Buatan Rusia

Kedua pesawat bersenggolan ketika melakukan manuver saling mengguntingdan salah satu pilot kehilangan orientasi lokasi pesawat rekannya. Setelah patah diudara, pesawat MiG 29 tersebut terbakar dan jatuh ke bumi dan menjadi gumpalan bola api.

Kisah Pilot Yang Diselamatkan Kursi Lontar Pesawat Tempur Buatan Rusia

Pilot kedua pesawat yaitu Sergey Tresvyatsky dan Alexandr Beschastnov, syukurnya berhasil menyelamatkan diri dengan kursi lontar mereka masing masing. Kedua pilot dari Russian Flight Research Institute berhasil lolos dari maut di saat saat terakhir pesawat mereka jatuh dengan disaksikan ratusan ribu penonton airshow.

BACA JUGA :  Mikoyan Gurevich MiG-31 Foxhound, Pesawat Tempur Rusia Tercepat Saat Ini

Kisah Pilot Yang Diselamatkan Kursi Lontar Pesawat Tempur Buatan Rusia

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Aksi udara Russia di Suriah.

Jet-Jet Russia Menghancurkan 449 Target dalam 3 hari

0
HobbyMiliter.com - Angkatan Udara Russia telah melaksanakan lebih dari 130 sorti misi penerbangan selama 3 hari yang lalu dan berhasil menghancurkan 449 target teroris yang berlokasi...

Recent Comments