Wednesday, May 25, 2022
HomeAlutsistaPesawat TempurKisah Pilot Yang Diselamatkan Kursi Lontar Pesawat Tempur Buatan Rusia

Kisah Pilot Yang Diselamatkan Kursi Lontar Pesawat Tempur Buatan Rusia

Kisah Pilot Yang Diselamatkan Kursi Lontar Pesawat Tempur Buatan Rusia – HobbyMiliter.com. Kursi lontar alias ejection seat merupakan teknologi yang luar biasa. Dengan menempatkan pilot dalam situasi berbahaya dgn berada dibawah bahan peledak (kanopi) dan mendudukannya diatas roket, perancang kursi lontar justru sudah menyelamatkan banyak nyawa.

Termasuk kursi lontar buatan Soviet dan Rusia, yang juga sudah menyelamatkan banyak nyawa ketika pesawatnya sudah tidak bisa diselamatkan lagi. Berikut beberapa kisahnya.

Tabrakan 2 Pesawat Tempur MiG 29 di The Royal International Air Tattoo (RIAT) Fairford 1993

Kisah Pilot Yang Diselamatkan Kursi Lontar Pesawat Tempur Buatan Rusia

Dalam sebuah airshow berjudul The Royal International Air Tattoo (RIAT) di pangkalan udara RAF Fairford Glouchestershire di tahun 1993, dua buah MiG 29 Fulcrum melakukan aksi manuver di udara dan bertabrakan satu sama lain. Kejadian tersebut disaksikan oleh lebih dari 250000 pengunjung yang memadati acara tersebut.

BACA JUGA :  Foto Foto Langka Gelar Kekuatan Kapal Perang ALRI Jaman Dulu

Kisah Pilot Yang Diselamatkan Kursi Lontar Pesawat Tempur Buatan Rusia

Kedua pesawat bersenggolan ketika melakukan manuver saling mengguntingdan salah satu pilot kehilangan orientasi lokasi pesawat rekannya. Setelah patah diudara, pesawat MiG 29 tersebut terbakar dan jatuh ke bumi dan menjadi gumpalan bola api.

Kisah Pilot Yang Diselamatkan Kursi Lontar Pesawat Tempur Buatan Rusia

Pilot kedua pesawat yaitu Sergey Tresvyatsky dan Alexandr Beschastnov, syukurnya berhasil menyelamatkan diri dengan kursi lontar mereka masing masing. Kedua pilot dari Russian Flight Research Institute berhasil lolos dari maut di saat saat terakhir pesawat mereka jatuh dengan disaksikan ratusan ribu penonton airshow.

Kisah Pilot Yang Diselamatkan Kursi Lontar Pesawat Tempur Buatan Rusia

Reruntuhan pesawat yang jatuh di sekitar landasan untungnya tidak menimbulkan korban di kalangan penonton. Konon, beberapa penonton memberi kesaksian, kedua pilot terlibat pertengkaran fisik sesaat setelah mendarat dengan parasutnya, namun tidak ada bukti visual hingga saat ini.

Kecelakaan MiG-29 di Paris Airshow 1989

Di tahun 1989 MiG 29 masih merupakan pesawat tempur yang misterius dan menarik. Pesawat tempur ini merupakan pesawat tempur terbaru Uni Soviet yang baru saja masuk dinas operasional.

BACA JUGA :  Jepang Kirimkan Kapal Angkut Helikopter Ke Laut China Selatan

Kecelakaan MiG-29 di Paris Airshow 1989

Angkatan Udara Uni Soviet mengirimkan pesawat tempur MiG 29 dengan nomor bort 303 untuk mempromosikan pesawat tempur ini. Pesawat ini dijadwalkan melakukan pertunjukan udara dengan pilot Anatoly Kvochur. Anatoly Kvochur merupakan test pilot Uni Soviet.

Kecelakaan MiG-29 di Paris Airshow 1989

Pertunjukan aerobatik yang ditunggu tunggu pengunjung pun dilakukan. MiG 29 yg dipiloti oleh Anatoly Kvochur pun meliuk liuk melakukan berbagai manuver. Naas, ketika sedang melakukan manuver dengan kecepatan rendah dan high Angle of Attack, pesawatnya menabrak burung. Seekor burung masuk ke mesin dan menyebabkan mesin pesawatnya terbakar.

Karena sedang dalam kondisi kecepatan rendah, MiG 29 tersebut kekurangan tenaga untuk menstabilkan diri dengan hanya 1 mesin saja.

BACA JUGA :  Kisah Intelijen: Pembelotan Pilot MiG-21 Irak ke Israel

Kecelakaan MiG-29 di Paris Airshow 1989

Anatoly Kvochur pun mengambil keputusan secara singkat. Dengan sisa sisa tenaga pesawatnya, ia mengarahkan MiG 29 yang celaka tersebut jauh dari arah kerumunan penonton lalu melontarkan diri dengan kursi lontar nya 2 detik sebelum pesawatnya menghantam bumi.

Sknyliv Sukhoi-Su 27 Air Show Disaster

Sknyliv Sukhoi-Su 27 Air Show Disaster

Kejadian ini dikenal sebagai musibah paling mematikan dalam insiden di sebuah airshow. Kecelakaan ini terjadi di tahun 2002 di Sknyliv Airshow, Ukraina. Dalam merayakan hari ulang tahun ke 60 sebuah satuan udara AU Ukraina, AU Ukraina mengadakan sebuah airshow yang dihadiri oleh sekitar 10000 pengunjung.

Sknyliv Sukhoi-Su 27 Air Show Disaster

Salah satu hal yang menarik pengunjung datang ke Airshow tersebut adalah adanya pertunjukan aerobatik pesawat tempur, antara lain dilakukan oleh sebuah pesawat tempur Sukhoi Su-27UB berkursi ganda yang dipiloti oleh Volodymyr Toponar dan Yuriy Yegorov.

Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

12-erdogan-tangkap-kepala-penasehat-militer-turki

Kudeta Turki: Erdogan Tangkap Kepala Penasehatnya Sendiri

0
Hobbymiliter.com - Kepala penasehat militer Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Kolonel Ali Yazici, telah ditahan karena diduga ikut menjadi dalang dalam percobaan kudeta yang...

Recent Comments