MiG-21, Pesawat Jet Tempur Sepanjang Masa

0
362
MiG 21 Jet Tempur Sepanjang Masa 8
MiG-21, Pesawat Jet Tempur Sepanjang Masa. Foto 3 Sudut Pandang Prototype Ye-6/3 Yang Nantinya Menjadi Acuan Produksi Massal MiG-21F.
Sumber : koleksi pribadi HobbyMiliter

Sejarah

Sejarah MiG-21 sebagai sebuah pesawat tempur dimulai pada medio 1950-an, dimana biro desain Mikoyan OKB menyelesaikan studi awal untuk desain prototype yang diberi kode Ye-1. Desain prototype Ye-1 yang selesai dibuat pada tahun 1954 kemudian dengan cepat dikerjakan kembali (re-design) ketika para perancangnya mengetahui bahwa mesin yang disiapkan untuk pesawat ini ternyata tidak mampu memberikan daya yang maksimal sesuai harapan para perancangnya di biro desain Mikoyan OKB. Istilahnya, mesin yang telah disiapkan underpowered.

Prototype kedua, diberi kode Ye-2, melaksanakan penerbangan perdana nya pada 14 Februari tahun 1955. Meski sudah berhasil melaksanakan penerbangan perdana, rupanya biro desain Mikoyan OKB tidak berhenti pada prototype Ye-2 saja. Sebuah prototype baru dikembangkan dan diberi nama designasi Ye-4. Perbedaan mendasar dari dua prototype ini ada pada jenis sayap yang digunakan serta tipe mesin yang digunakan. Ye-2 didesain untuk menggunakan mesin Mikulin/Tumanskiy AM-11 dan menggunakan sayap jenis tapered swept wing. Sementara itu, prototype Ye-4 didesain untuk menggunakan mesin Mikulin/Tumanskiy AM-9B dan menggunakan sayap jenis delta wing.

Prototype Ye-4 kemudian dikembangkan menjadi beberapa prototype lagi yakni prototype Ye-5 dan Ye-6. Prototype Ye-6 kemudian kembali dikembangkan menjadi beberapa versi, diantaranya yakni Ye-6/1 ; Ye-6/2 ; dan Ye-6/3. Prototype Ye-6/3 inilah yang kemudian menjadi versi awal produksi massal pesawat jet tempur Mikoyan Gurevich MiG-21F. Versi awal produksi massal jet tempur MiG-21F ditenagai oleh mesin Tumanskiy RD-11 F-300 yang merupakan penyempurnan dari mesin Mikulin AM-11.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here