Wednesday, July 24, 2024
HomeAlutsistaPesawat TempurKisah Pilot Yang Diselamatkan Kursi Lontar Pesawat Tempur Buatan Rusia

Kisah Pilot Yang Diselamatkan Kursi Lontar Pesawat Tempur Buatan Rusia

Kejadian ini dikenal sebagai musibah paling mematikan dalam insiden di sebuah airshow. Kecelakaan ini terjadi di tahun 2002 di Sknyliv Airshow, Ukraina. Dalam merayakan hari ulang tahun ke 60 sebuah satuan udara AU Ukraina, AU Ukraina mengadakan sebuah airshow yang dihadiri oleh sekitar 10000 pengunjung.

Sknyliv Sukhoi-Su 27 Air Show Disaster

Salah satu hal yang menarik pengunjung datang ke Airshow tersebut adalah adanya pertunjukan aerobatik pesawat tempur, antara lain dilakukan oleh sebuah pesawat tempur Sukhoi Su-27UB berkursi ganda yang dipiloti oleh Volodymyr Toponar dan Yuriy Yegorov.

BACA JUGA :  L-159, Pesawat Penyerang Buatan Ceko

Sknyliv Sukhoi-Su 27 Air Show Disaster

Dalam melakukan sebuah manuver roll di ketinggian rendah, salah satu sayap Sukhoi Su-27 tersebut menggesek landasan. Pesawat pun mendelosor ke tanah dalam kecepatan tinggi dan hancur dalam bola api. Kedua pilot, dengan reaksi tinggi, berhasil melontarkan diri dengan kursi lontar sesaat sebelum pesawat hancur berkeping keping.

Sknyliv Sukhoi-Su 27 Air Show Disaster

Walau kedua pilot selamat tanpa ada cedera berkat kursi lontar nya, naas bagi penonton. Pesawat Su-27 tersebut kemudian menabrak kerumunan penonton dan mengakibatkan 77 penonton tewas di tempat dan lebih dari 500 ratusan lainnya luka luka.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

39-marinir-as-menangis-saat-ditangkap-iran

Komandan Garda Revolusi Iran: “Marinir AS Menangis Saat Kami Tangkap”

0
Hobbymiliter.com - Komandan Militer Iran mengakui bahwa Marinir AS yang dibebaskan dari tahanan Iran pada hari Rabu (13/1) kemarin “menangis” saat ditangkap karena secara ilegal...

Recent Comments