Friday, June 24, 2022
HomeBlog MiliterBerita MiliterTawaran Bantuan Strategis Jepang Untuk Filipina

Tawaran Bantuan Strategis Jepang Untuk Filipina

Hobbymiliter.com – Tawaran Bantuan Strategis Jepang Untuk Filipina. Pemerintah Jepang dikabarkan tengah berdiskusi secara intensif dengan pemerintah Filipina untuk memberikan bantuan pertahanan strategis kepada Filipina. Dilansir oleh situs media daring asal Filipina, Inquirer, perwakilan pemerintah Filipina tengah berada di Tokyo, Jepang, untuk melakukan serangkaian kunjungan dan diskusi kerjasama antara kedua negara dalam bidang pertahanan dan keamanan. Jepang diketahui telah memperluas dan meningkatkan skala kerjasama pertahanan dengan Filipina melalui serangkaian bantuan militer dan hibah beberapa perlengkapan diantaranya kapal penjaga pantai eks-kelas Kunigami yang baru – baru ini memperkuat satuan Penjaga Pantai Filipina (Philippine Coast Guard,Red). Rangkaian kunjungan dan diskusi kerjasama yang dilakukan oleh wakil pemerintah Filipina di Jepang ini bukan tidak mungkin akan menghasilkan kesepakatan bantuan strategis baru dari Jepang untuk Filipina.

BACA JUGA :  Jet Tempur Pasukan Bela Diri Jepang Cegat Jet Intai Taktis Rusia

Beberapa hal yang dapat diketahui masyarakat internasional melalui rilis berita dari Inquirer adalah bahwa Jepang tengah menawarkan bantuan kepada Filipina untuk membangun kompleks industri pertahanan dalam negeri yang nantinya dapat memproduksi beberapa produk diantaranya kendaraan taktis dan kendaraan tempur lapis baja, serta amunisi guna memenuhi kebutuhan pertahanan dan keamanan dalam negeri Filipina. Selain itu, dikabarkan juga bahwa salah satu perusahaan industri pertahanan strategis asal Jepang, Mitsubishi Heavy Industries, juga menawarkan program transfer teknologi dan kerjasama dengan industri dalam negeri Filipina untuk memproduksi kendaraan taktis lapis baja lengkap dengan suku cadangnya.

BACA JUGA :  Komandan Garda Revolusi Iran: “Marinir AS Menangis Saat Kami Tangkap”

Disamping berbagai program kerjasama dan transfer teknologi antara kedua negara guna memperkuat sektor industri pertahanan dalam negeri Filipina, Jepang dikabarkan juga menawarkan donasi peralatan sistem komunikasi militer jarak jauh Over-the Horizon untuk Filipina. Meski tidak disebutkan sistem komunikasi apakah yang ditawarkan oleh Jepang sebagai donasi untuk pemerintah Filipina, namun diperoleh informasi bahwa sebanyak tiga baterai sistem komunikasi tersebut akan diberikan oleh pemerintah Jepang kepada Filipina sebagai donasi. Sistem komunikasi jarak jauh yang rencananya akan didonasikan oleh pemerintah Jepang kepada Filipina tersebut dikabarkan sanggup menjangkau seluruh area pulau Luzon di Filipina. Diketahui Jepang juga menjadi salah satu negara penyumbang dana pembangunan terbesar bagi Filipina selama 20 tahun terakhir.

Kristian Prasetyo Lobo
Kristian Prasetyo Lobohttps://www.facebook.com/Achtung.sniper
Just an ordinary person who loves diecast and military related-stuffs. Enjoy my writings as you enjoy your daily delicious food. Wanna put some suggestion? Don't hesitate to comment on my posts or you can sending me message on my facebook profile. ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Pemberontak Houthi Tembakkan Rudal Ke Basis Militer Arab Saudi

Pemberontak Houthi Tembakkan Rudal Ke Basis Militer Arab Saudi

0
HobbyMiliter.com - Pemberontak Houthi Tembakkan Rudal Ke Basis Militer Arab Saudi. Sebuah peluru kendali (rudal) dilaporkan menghantam sebuah pangkalan militer milik Arab Saudi, Minggu malam waktu...

Recent Comments