Wednesday, November 30, 2022
HomeBlog MiliterReferensiAsas, Sifat, Landasan Serta Konsep Ketahanan Nasional

Asas, Sifat, Landasan Serta Konsep Ketahanan Nasional

Asas, Sifat, Landasan Serta Konsep Ketahanan Nasional – HobbyMiliter.com – Konsep ketahanan nasional sudah dikenal dan menjadi milik nasional sejak awal tahun 1960 walau masih belum diberikan definisi tertentu untuk mengartikannya. Ketahanan nasional sendiri memiliki beberapa unsur, seperti ketangguhan, keuletan, identitas, integritas, ancaman, hambatan, tantangan, serta gangguan.

Perkembangan Konsep Ketahanan Nasional di Indonesia

Di awal tahun 1960 konsep ketahanan nasional digunakan terkait pembahasan masalah pembinaan teritorial dan juga masalah pertahanan keamanan pada umumnya. Hingga walau banyak instansi maupun individu yang memakai istilah ini, namun satu-satunya lembaga yang serius mempelajari serta membahas masalah terkait ketahanan nasional adalah Lembaga Pertahanan Nasional atau disingkat Lemhanas yang didirikan tahun 1965.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

96-jaksa-federal-as-tuntut-warga-california-atas-penyelundupan-suku-cadang-jet-tempur-ke-iran

Selundupkan Suku Cadang Jet Tempur Ke Iran, Jaksa Federal AS Tuntut...

0
Hobbymiliter.com - Jaksa federal Amerika Serikat mendakwa dua orang warga California dengan tuduhan menyelundupkan suku cadang jet tempur ke Iran dalam sebuah skema konspirasi...

Recent Comments