Saturday, April 20, 2024
HomeAlutsistaPesawat Tempur3 Pesawat Tempur Stealth Masa Depan Dari Negara Non Adidaya

3 Pesawat Tempur Stealth Masa Depan Dari Negara Non Adidaya

KFX/IFX ini diperkirakan akan menambah kapabilitas TNI AU secara signifikan jikalau jadi diteruskan program pengembangan dan pembeliannya. Walaupun yang dibeli TNI AU adalah versi IFX yang belum stealth.

Project AZM  dari Pakistan

Pakistan merupakan partner lama dan setia China. Pesawat tempur J-6 buatan China ditangan Pakistan membukukan paling tidak 6 kemenangan dalam pertempuran udara dalam perang India Pakistan 1971.

Ilustrasi Proyek AZM Pakistan

 

Sekian puluh tahun kemudian Pakistan bekerja sama dengan China menelurkan pesawat tempur generasi ke 4 yang diberi kode JF-17. JF-17 yang memiliki DNA J-7 (MiG 21 jiplakan China) diklaim merupakan pesawat tempur yang setara dengan F-16 buatan Amerika Serikat. Angkatan Udara Pakistan yang juga mengoperasikan sejumlah F-16 mengamini hal tersebut.

BACA JUGA :  Jet Pengebom Rusia, Tupolev Tu-22M3 Hancurkan Sejumlah Kamp ISIS

Untuk melanjutkan kerjasama yang baik di proyek JF-17, Pakistan yang dibantu oleh China kembali mengeluarkan program Project AZM. Proyek AZM ini diperkirakan merupakan usaha Pakistan dalam memproduksi pesawat tempur stealth generasi ke 5.

Diperkirakan teknologi milik J-31 China akan banyak diserap oleh Proyek AZM Pakistan ini. Walaupun demikian, masih banyak pengamat militer yang menyangsikan feasibilitas proyek pengembangan pesawat tempur stealth Pakistan ini.

Bukan apa apa, proyek ini masih di tahap awal yang pastinya akan banyak mengalami cobaan iman, termasuk seperti proyek proyek pengembangan pesawat tempur stealth di negara lain, cobaan pembengkakan dana.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

1 COMMENT

  1. Indonesia memang sudah selayaknya menjadi negara yang maju dalam teknologi, terutama kedirgantaraan, khususnya pesawat tempur, selain itu kedepan juga harus mampu membuat satelit sendiri, karena otak sebuah pertahanan ada di satelit, teknologi drone, kapal selam, “bioradar” (radal anti radar) dan rudal anti satelit dll.
    Kita tidak ingin mengganggu negara tetangga, Ideologi Pancasila memungkinkan kita hidup damai dengan negara lain. Kemampuan pertahanan bangsa kita ditujukan untuk menjaga kedaulatan bangsa kita dari gangguan bangsa lain. Yang sudah secara kasat mata mau mengganggu seperti Australia dan Cina. Mereka terang terangan dan diam-diam mengganngu kedaulatan kita…kita harus waspada, dan menyiapkan antisipasinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

mesin 1

F100-PW220/E: Rahasia Mesin Jet Tempur F-16 Block 52ID

0
HobbyMiliter.com – F100-PW220/E: Rahasia Mesin Jet Tempur F-16 Block 52ID. Pada “Peace Bima Sena II” dikatakan bahwa TNI AU akan memesan sebanyak 24 unit...

Recent Comments