Penyelesaian Hutang Pembelian Alutsista Era 60-an Indonesia Kepada Uni Soviet

0
545

Hutang pembelian alutsista dari Uni Soviet ini membuat militer Indonesia, terutama Angkatan Udara dan Angkatan Laut, memiliki ketergantungan tinggi pada Uni Soviet dalam hal pengadaan sparepart dan maintenance. Walaupun pernah juga membeli Shenyang J-5 dari China sebagai komplementer MiG-17, namun sparepartnya banyak yang tidak kompatibel.

Presiden Soeharto bersama Pimpinan Uni Soviet Mikhail Gorbachev.
Presiden Soeharto bersama Pimpinan Uni Soviet Mikhail Gorbachev.

Penghentian pengiriman sparepart dan maintenance dari Uni Soviet pascakudeta 1965 membuat alutsista buatan Uni Soviet menurun kapabilitas dan operasionalnya. Bahkan dalam beberapa kasus, peralatan alutsista tersebut sampai tidak dapat digunakan dan di grounded.

BACA JUGA :  13 PESAWAT TEMPUR LANUD IWJ AKAN LAKSANAKAN FLY PASS DI ISTANA NEGARA

Tercatat dalam sebuah memo CIA, Indonesia diketahui pernah menjual sebuah destroyer kelas Skory, sebuah LST (eks-RI Teluk Pariji?), sebuah gunboat dan sebuah salvage ship ke scrapyard di Jepang seharga 250 ribu Dollar di tahun 1970. Harga  pembelian kapal kapal tersebut dari Uni Soviet diperkirakan sekitar 7 Juta Dollar.

Ibu Tien Soeharto menerima karangan bunga dari Raisa Gorbachev disaksikan Presiden Gorbachev dan Presiden Soeharto
Ibu Tien Soeharto menerima karangan bunga dari Raisa Gorbachev disaksikan Presiden Gorbachev dan Presiden Soeharto

Indonesia pernah mengajukan permintaan pembelian sparepart alutsista tersebut ke Uni Soviet setelah peristiwa 1965. Namun Uni Soviet menolak menjual dan meminta Indonesia untuk melunasi hutang hutang pembelian alutsista nya terlebih dahulu. Akhirnya pada perundingan di bulan September 1967 Uni Soviet bersedia menjual sparepart dan harus dibayar cash. Uni Soviet menolak memberikan kredit sebagai mana biasanya sebuah pembelian alutsista dilakukan.  Syarat utama diberikan. Penyelesaian Hutang Pembelian Alutsista Era 60-an Indonesia Kepada Uni Soviet. (Bersambung ke halaman berikutnya).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here