Thursday, February 2, 2023
HomeBlog MiliterReferensiNilai-nilai Pancasila Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan

Nilai-nilai Pancasila Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan

Implementasi nilai sila kedua Pancasila ini adalah:

  • Penyelenggara pemerintahan mesti paham bahwa manusia merupakan makhluk Tuhan yang universal hingga tidak merendahkan, tidak berlaku diskriminatif, serta selalu mengakui persamaan derajat sesama manusia.
  • Penyelenggara pemerintahan mesti memperlakukan semua penduduk Indonesia yang tinggal di NKRI dengan adil serta tidak pilih kasih dalam berbagai kebijakan dan kegiatan agar konflik sosial dalam masyarakat terhindar. Contohnya adalah dengan memastikan pembangunan dan hasilnya bisa dinikmati semua penduduk, entah yang ada di daerah terjangkau maupun daerah terpencil.
  • Penyelenggara pemerintahan mesti paham bahwa manusia punya daya rasa, daya cipta, serta daya karsa yang berbeda dengan makhluk lainnya. Dengan begitu mereka bakal berusaha menyalurkan semua potensi masyarakat ke arah lebih baik hingga masyarakat diarahkan bisa mencintai lingkungan dan juga peduli terhadap sesama. 
  • Penyelenggara pemerintahan mengakui martabat manusia agar tidak merendahkan dan bersikap lebih baik ke orang lain.
  • Penyelenggara pemerintahan menjunjung tinggi kemerdekaan merupakan hak semua bangsa dan segala bentuk penjajahan mesti dihapus di dunia terutama Indonesia.
  • Penyelenggara pemerintahan mesti bisa mewujudkan keadilan dalam peradaban, antara lain dengan bijaksana dalam mengambil kebijakan serta mengambil sikap terhadap berbagai masalah dalam negara. Dengan begitu, penyelenggara pemerintahan tidak boleh bersikap pasif terhadap segala bentuk penyimpangan yang ada di masyarakat.
BACA JUGA :  India Setujui Pengiriman Rudal Jelajah BrahMos Ke Perbatasan Tiongkok

Nilai Sila Ketiga: Persatuan Indonesia

Buat bangsa dengan berbagai keragaman, nilai sila ketiga ini penting karena persatuan yang dimaksud mencakup seluruh wilayah Indonesia serta seluruh suku, ras dan agama yang ada di wilayah Indonesia ini. Apabila persatuan tidak tercapai, maka sulit buat melaksanakan berbagai kebijakan serta rencana pembangunan yang bisa memajukan bangsa dan negara.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

22-tiongkok-akan-luncurkan-20-misi-luar-angkasa

Tiongkok Akan Luncurkan 20 Misi Luar Angkasa Tahun Ini

0
Hobbymiliter.com - Tiongkok akan luncurkan lebih dari 20 misi ruang angkasa pada tahun ini, termasuk satu diantaranya misi berawak dan dua penerbangan perdana roket baru,...

Recent Comments