Thursday, February 2, 2023
HomeBlog MiliterReferensiNilai-nilai Pancasila Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan

Nilai-nilai Pancasila Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan

Implementasi nilai-nilai Pancasila dalam penyelenggaraan pemerintahan lewat sila pertama tersebut antara lain:

  • Ketakwaan tiap individu penyelenggara negara terhadap Tuhan Yang Maha Esa, yang memunculkan kewajiban serta larangan sesuai agama dan kepercayaan masing-masing.
  • Keyakinan tiap individu penyelenggara negara bahwa Tuhan Yang Maha Esa selalu hadir dan mengawasi semua perbuatan agar bisa dipertanggungjawabkan di akhir nanti.
  • Pengakuan tiap individu penyelenggara negara akan kausa prima atau sebab pertama yaitu Tuhan Yang Maha Esa. Semua yang ada di dunia ini diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa.
  • Penyelenggaraan pemerintahan mesti menjamin kebebasan semua penduduk Indonesia, yang tinggal di wilayah NKRI untuk memeluk agama serta beribadah sesuai agama dan kepercayaannya tersebut.
  • Tiap individu penyelenggara negara tidak memaksa warga negara buat memeluk agama tertentu. Akan tetapi tiap warga negara wajib memeluk salah satu agama dari lima agama yang diakui sesuai hukum yang berlaku.
  • Indonesia tegas melarang atheisme atau ajaran tidak mempercayai keberadaan Tuhan Yang Maha Esa. Tidak satupun warga negara diperkenankan menganut paham tersebut tanpa terkecuali.
  • Penyelenggaraan pemerintahan menjamin tumbuh dan kembangnya kehidupan beragama serta toleransi antar umat dalam beragama, antara lain dengan membebaskan pemeluk agama lain buat menjalankan ibadahnya.
  • Penyelenggaraan pemerintahan memberi fasilitas buat meningkatkan ketakwaan serta iman kepada Tuhan Yang Maha Esa. Antara lain dengan menetapkan hari libur nasional buat hari-hari besar agama, menyiarkan siaran agama, menumbuhkan kegiatan beragam, dan lainnya.
  • Penyelenggaraan pemerintahan mengambil peran menjadi fasilitator atau mediator saat konflik antar umat beragama terjadi, serta tidak memihak agama mana pun biar kesatuan dan persatuan tetap terjaga.
BACA JUGA :  Berbagai Sistem Ekonomi Indonesia

Nilai Sila Kedua: Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab

Makna yang terkandung dari penyelenggara pemerintahan mesti mempunyai nilai kemanusiaan yang adil dan beradab adalah bahwa mereka mesti mengakui martabat manusia, bersikap adil terhadap manusia, serta tidak bersikap baik juga terhadap lingkungan alam agar kesejahteraan buat semua yang ada di bawah pemerintahan terjamin.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

PT DI Akan Ekspor Pesawat NC-212i, CN-235 Ke Senegal Dan Kongo

0
HobbyMiliter.com - PT DI Akan Ekspor Pesawat NC-212i, CN-235 Ke Senegal Dan Kongo. BUMN Industri Strategis bidang manufaktur pesawat asal Indonesia, PT Dirgantara Indonesia, akan...

Recent Comments