Saturday, April 20, 2024
HomeBlog MiliterBerita MiliterIndonesia Jadi Beli Dua Fregat Iver Huitfeldt Denmark?

Indonesia Jadi Beli Dua Fregat Iver Huitfeldt Denmark?

Setelah itu, wakil menteri pertahanan Indonesia mengatakan pada bulan Maret bahwa PT PAL Indonesia akan ditugaskan untuk mengembangkan desain fregat untuk TNI AL. Lalu akan dilakukan pembangunan fregat tersebut 2 kapal selama 5 tahun, senilai Rp 1,1 triliun (atau 720 juta Dollar) bekerja sama dengan Denmark, untuk TNI- AL. Dengan ini kemungkinan Indonesia sudah menandatangani kontrak pembelian Fregat tersebut dengan partner Denmarknya.

Sebenanya dua fregat besar tidak akan cukup untuk meng-kover seluruh perairan Natuna, di mana pelanggaran wilayah oleh Cina sering terjadi. Paling tidak, di setiap waktu, hanya ada satu dari dua fregat baru ini akan ada di daerah operasi. Kapal satu lagi biasanya akan melakukan berbagai jadwal perawatan dan pelatihan. Tentu saja, sebenarnya dengan anggaran yang sama, jika dibelikan kapal berjenis OPV yang lebih kecil, akan lebih banyak kapal yang dapat diperoleh.

BACA JUGA :  Anggaran Militer Naik, TNI pun Bangun Pangkalan Udara Militer di Indonesia Timur

Fregat kelas Iver Huitfeldt adalah fregat peperangan udara sepanjang 138 meter dengan berat 6.600 ton. Fregat ini dibangun oleh Odense Staalskibsvaerft untuk Angkatan Laut Kerajaan Denmark. Hingga saat ini sudah tiga kapal yang telah dibangun dan semuanya mulai aktif pada tahun 2011.

HDMS Peter Willemoes
HDMS Peter Willemoes
Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Rudal Hipersonik Kinzhal Senjata Baru MiG31

Rudal Jelajah Kinzhal Senjata Baru MiG31

0
HobbyMiliter.com - Rudal Jelajah Kinzhal Senjata Baru MiG31. Sebuah sistem senjata berbasis rudal jelajah telah berhasil diuji coba oleh Rusia pada akhir bulan Februari 2018 lalu....

Recent Comments