Wednesday, April 17, 2024
HomeBlog MiliterGrumman A6 Intruder Sang Penyusup Yang Tak Tergantikan

Grumman A6 Intruder Sang Penyusup Yang Tak Tergantikan

HobbyMiliter.com – Grumman A6 Intruder Sang Penyusup Yang Tak Tergantikan. Dirancang untuk memenangkan kompetisi tender pengadaan pesawat tempur serbu untuk Angkatan Laut Amerika Serikat (US Navy) pada medio 1957, Grumman A6 Intruder adalah sebuah pesawat tempur awak ganda berbasis kapal induk yang dapat melaksanakan misi tempur dalam segala cuaca. Mampu melaju dalam kecepatan sub-sonik, pesawat tempur ini merupakan ‘penyusup’ terbaik yang dimiliki oleh Angkatan Laut Amerika Serikat. Meskipun performa sub-soniknya tidak begitu mengagumkan, pesawat ini mampu melaksanakan peran sebagai pesawat tempur serbu atau attack role yang memang khusus diembankan kepadanya dengan sangat memuaskan. Kali ini, HobbyMiliter mencoba menghadirkan kisah legendaris dari sang ‘penyusup’ tempur terbaik milik AL Amerika Serikat ini kepada anda.

BACA JUGA :  Putin Pamerkan Kapal Selam Siluman Terbaru Rusia dan Berjanji Jaga Laut Hitam

Sejarah Singkat Grumman A6 Intruder

Grumman A6 Intruder mulai melaksanakan penerbangan perdananya pada bulan April 1960. Kemudian sebanyak 482 unit produksi massal pesawat tempur serbu A6 ini mulai dikirimkan kepada Angkatan Laut AS atau US Navy sejak awal tahun 1963. Adapun pesawat tempur serbu ini merupakan jenis pesawat yang telah dirancang untuk kebutuhan Angkatan Laut Amerika Serikat atau US Navy sejak tahun 1957.

Grumman A6 Intruder Sang Penyusup Yang Tak Tergantikan
Grumman A6 Intruder Sang Penyusup Yang Tak Tergantikan. Dua Unit A6 Intruder Terbang Bersama.
Sumber : FAS

Grumman A6 Intruder dirancang sebagai sebuah pesawat jet tempur serbu dengan kemampuan melaksanakan misi di segala cuaca dengan kecepatan subsonik. Dinamakan ‘Intruder’ yang berarti ‘Penyusup’; pesawat ini turut mewarnai sejarah konflik internasional di hampir seluruh belahan dunia. Mulai dari ganasnya iklim di Asia Tenggara hingga panasnya udara gurun di Timur Tengah telah dirasakan oleh ‘penyusup’ tempur yang satu ini. Tidak dapat dipungkiri, Grumman A6 Intruder adalah satu dari sekian sedikit –bukan sekian banyak-, pesawat jet tempur yang kemampuannya tidak akan tergantikan di tubuh Angkatan Laut AS.

BACA JUGA :  Isi Teks Tugas Pokok TNI

Dari misi terbang malam hari diatas langit Vietnam hingga misi operasi Dessert Storm yang terkenal diatas langit Irak, Grumman A6 Intruder telah membangun reputasi sebagai sebuah work-horse (istilah untuk menyebut pesawat jet tempur yang paling handal dan paling sering serta paling murah untuk digunakan dalam konflik militer maupun misi patroli namun memiliki efek yang sama mematikannya dengan pesawat tempur jenis lain yang ada dalam inventaris Angkatan Udara suatu negara). Tak tanggung – tanggung, masa pengabdian jet tempur ini di tubuh Angkatan Laut Amerika Serikat mencapai kurang lebih 34 tahun.

BACA JUGA :  Pentagon Akan Perbanyak Informasi Rahasia Untuk Lindungi Data
Grumman A6 Intruder Sang Penyusup Yang Tak Tergantikan
Grumman A6 Intruder Sang Penyusup Yang Tak Tergantikan. Sebuah A6 Intruder Milik Angkatan Laut Amerika Serikat Menjatuhkan Bom Konvensional Yang Dibawanya. Perhatikan Begitu Banyaknya Bom Yang Dapat Dibawa Oleh Pesawat Tersebut.
Sumber : Reddit

Bertugas Di Misi-Misi Berbahaya

Kristian Prasetyo Lobo
Kristian Prasetyo Lobohttps://www.facebook.com/Achtung.sniper
Just an ordinary person who loves diecast and military related-stuffs. Enjoy my writings as you enjoy your daily delicious food. Wanna put some suggestion? Don't hesitate to comment on my posts or you can sending me message on my facebook profile. ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

submarine simulator 1

Submarine Command Team Trainer: Simulator Awak Kapal Selam Buatan Rheinmetall

0
HobbyMiliter.com – Submarine Command Team Trainer: Simulator Awak Kapal Selam Buatan Rheinmetall. Rheinmetall Defence tak hanya terkenal di kalangan pemasok kendaraan lapis baja dan...

Recent Comments