Wednesday, April 24, 2024
HomeBlog MiliterBerita MiliterIndonesia Jadi Beli Dua Fregat Iver Huitfeldt Denmark?

Indonesia Jadi Beli Dua Fregat Iver Huitfeldt Denmark?

Desain lambung fregat kelas Iver Huitfeldt berasal dari desain lambung kapal hybrid fregat-angkut kelas Absalon. Terpasangnya 4 sel peluncur rudal vertikal Mk.41 yang mampu memuat hingga 32 rudal anti pesawat dan tersedianya 4 posisi pemasangan modul kontainer Flex Standar di tengah kapal menjadikan kapal ini sebagai fregat AAW yang sangat mumpuni.

Persenjataan lainnya antara lain dua meriam 76mm buatan OTO Melara di depan kapal guna bantuan tembakan langsung dan satu senjata CIWS Milenium 35 mm di buritan kapal. Kapal ini didesain untuk membawa helikopter anti kapal selam ukuran medium seperti Sikorsky MH-60.

BACA JUGA :  Sejarah Syekh Jumadil Kubro Bapak Para Wali Songo di Nusantara

Konsep kontainer Standard Flex yang dianut oleh kapal ini adalah sistem kombinasi platform standar dan senjata serta modul sistem yang bisa dibuat berbeda menyesuaikan dengan berbagai misi atau peran. Sensor dan sistem yang umum untuk semua peran dipasang secara permanen. Kemudian, kontainer khusus berisi peralatan misi misi khusus bisa dibawa sesuai dengan misi yang sedang diemban. Sebagai konsep “plug and play” yang benar-benar menawarkan fleksibilitas operasional yang unik.

Spesifikasi Fregat Iver Huitfeldt

  • Berat: 6600 ton (full load)
  • Panjang: 138m
  • Lebar: 19.75m
  • Draft: 5.3m
  • Mesin: 4 MTU 8000 20V M70 diesel engines. 2 shafts, CODAD
  • Kecepatan: 28 knots
  • Jarak jangkau: 9000 nautical mil atau 16500 kilometer @15 knots
  • Awak: 117 (total akomodasi 165)
  • Senjata: 4 × Mk 41 VLS bisa memuat hingga 32 rudal SM-2 IIIA ; 2 × Mk 56 VLS bisa memuat hingga 24 rudal RIM-162 ESSM ; rudal Harpoon block SSM; 1 × 35mm CIWS ; 2× OTO Melara 76 mm; 2 × dual MU90 Impact ASW torpedo launchers.
Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

KH Ahmad Dahlan Tokoh Sejarah Muhammadiyah

Mengenal Tokoh dan Sejarah Muhammadiyah

1
Mengenal Tokoh dan Sejarah Muhammadiyah - HobbyMiliter.com - Sejarah Muhammadiyah sebagai organisasi Islam yang besar di Indonesia dimulai sejak didirikan tahun 1912 oleh K. H....

Recent Comments