Thursday, December 1, 2022
HomeBlog MiliterSejarahSejarah Peristiwa Merah Putih Di Manado 1946

Sejarah Peristiwa Merah Putih Di Manado 1946

Salah satunya adalah yang terjadi di Manado tanggal 14 Februari 1946. Saat itu terjadi perebutan kekuasaan NICA di Manado yang ditandai dengan pengibaran sang saka Merah Putih di Tangsi Militer KNIL di Teling.

Tidak cuma diberi sebutan Kota Pejuang, namun tanggal 10 Maret 1965 saat peringatan Peristiwa Merah Putih di Istana Negara, Presiden Soekarno mendeklarasikan bahwa setiap tanggal 14 Februari adalah Hari Sulawesi Utara yakni hari yang bakal selalu dikenang sebagai hari perjuangan mendukung terbentuknya Republik Indonesia yang diproklamasikan tanggal 17 Agustus 1945.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

TOT Bom Pintar HAMMER, Perwakilan Safran Electronics & Defense Kunjungi PT Pindad

TOT Bom Pintar HAMMER, Perwakilan Safran Electronics & Defense Kunjungi PT...

0
TOT Bom Pintar HAMMER, Perwakilan Safran Electronics & Defense Kunjungi PT Pindad - Hobbymiliter.com – Pada hari Selasa, tanggal 12 April 2022, dilaksanakan kunjungan...

Recent Comments