Tuesday, March 26, 2024
HomeBlog MiliterSejarahSejarah Peristiwa Merah Putih Di Manado 1946

Sejarah Peristiwa Merah Putih Di Manado 1946

Sejarah Peristiwa Merah Putih Di Manado 1946 Demi Kemerdekaan Republik Indonesia – HobbyMiliter.comTanggal 14 Februari 1946 merupakan hari bersejarah bagi masyarakat Manado, soalnya saat itulah sejarah peristiwa Merah Putih di Manado terjadi. Karena peristiwa Merah Putih itu juga Manado dikenal sebagai Kota Pejuang.

Menurut catatan sejarah, Belanda baru mengakui kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 27 Desember 1949 saat menyerahkan kedaulatan yang ditandatangani di Istana Dam, Amsterdam. Karena itulah sejak proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia hingga penyerahan kedaulatan tersebut banyak perjuangan mengukuhkan proklamasi kedaulatan Republik Indonesia di berbagai daerah.

BACA JUGA :  Kemenhan Rusia Terjunkan Mobil Angkut Senapan Mesin Berat Ke Suriah

Salah satunya adalah yang terjadi di Manado tanggal 14 Februari 1946. Saat itu terjadi perebutan kekuasaan NICA di Manado yang ditandai dengan pengibaran sang saka Merah Putih di Tangsi Militer KNIL di Teling.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

KH Ahmad Dahlan Tokoh Sejarah Muhammadiyah

Mengenal Tokoh dan Sejarah Muhammadiyah

1
Mengenal Tokoh dan Sejarah Muhammadiyah - HobbyMiliter.com - Sejarah Muhammadiyah sebagai organisasi Islam yang besar di Indonesia dimulai sejak didirikan tahun 1912 oleh K. H....

Recent Comments