Wednesday, May 18, 2022
HomeMiliterKisah MiliterKisah Rahasia Intelijen Amerika Mendapatkan MiG-29 Fulcrum Untuk USAF

Kisah Rahasia Intelijen Amerika Mendapatkan MiG-29 Fulcrum Untuk USAF

Kisah Rahasia Intelijen Amerika Mendapatkan MiG-29 Fulcrum Untuk USAF – HobbyMiliter.com. Ketika Uni Soviet runtuh pada akhir tahun 1991, berbagai bekas negara bagiannya memperoleh warisan persenjataan yang kadang jumlahnya luar biasa banyaknya. Bahkan ada beberapa negara yang diwarisi industri pertahanan, cadangan senjata, pusat antariksa dan bahkan senjata nuklir. Dan tidak semuanya jatuh ke tangan Rusia, negara pewaris utamanya.

Salah satu MiG-29 Moldova yang kemudian menjadi MiG-29 USAF
Salah satu MiG-29 Moldova yang kemudian menjadi MiG-29 USAF

Salah satu kisah menarik terjadi di salah satu negara kecil eks pecahan Uni Soviet ini. Negara kecil ini bernama Republik Moldova. Ketika Uni Soviet runtuh, inventori Angkatan Udara Uni Soviet yang diwariskan kepada Angkatan Udara Moldova berupa 34 unit pesawat tempur MiG-29 Fulcrum (versi original, bukan mongkey model), 8 helikopter Mi-8 Hip beserta sejumlah pesawat angkut.

Warisan ini membentuk armada udara yang cukup banyak bagi negara kecil seukuran Moldova. Untuk memahami seberapa besar Moldova, populasi penduduk DKI Jakarta kira kira sekitar 3 kali lipat lebih banyak dari seluruh penduduk Moldova saat ini. Sedangkan luasnya kira kira seluas Provinsi Jawa Tengah.

BACA JUGA :  Boeing-SAAB Menangkan Tender Jet Latih T-X
MiG-29 Moldova sedang dipreteli sebelum diangkut ke Amerika
MiG-29 Moldova sedang dipreteli sebelum diangkut ke Amerika

Sebagai negara baru yang terbentuk akibat Uni Soviet hancur ekonominya, Moldova pun saat itu sedang mengalami krisis ekonomi yang cukup buruk. Sebagai akibatnya, alutsista warisan Uni Soviet pun tidak dapat dimanfaatkan dengan baik. Jangankan mengoperasikannya, merawatnya pun Moldova tidak ada uang.

Iran, dilain pihak dilaporkan tertarik untuk menambah inventori MiG-29 versi eksport mereka dan sedang mencari cari cara membeli barang barang diskon eks Uni Soviet di pasar senjata Eropa Timur. Intelijen Amerika Serikat pun menerima berita itu. Intelijen Amerika Serikat menjadi khawatir bahwa bisa saja Moldova memutuskan untuk  menjual MiG-29 Fulcrum eks Soviet tersebut ke Iran.

BACA JUGA :  Beginilah Asal Usul Kelahiran Pesawat Tempur F-16 Fighting Falcon
Proses loading MiG-29 Moldova ke dalam C-17 Globemaster
Proses loading MiG-29 Moldova ke dalam C-17 Globemaster

Wajar saja mengingat MiG-29 Moldova tersebut merupakan versi original, bukan versi eskport yang sering dijuluki mongkey model karena kemampuannya sudah didiskon, walau harga jualnya dinaikkan. Intelijen Amerika pun bahkan menjadi lebih khawatir kembali ketika menerima informasi tambahan bahwa 14 unit dari MiG-29 tersebut adalah versi MiG-29C.

Versi ini spesial karena merupakan versi MiG-29 yang memiliki teknologi khusus agar bisa membawa senjata nuklir Uni Soviet, versi yang tidak pernah diekspor Soviet sama sekali. Amerika tidak ingin teknologi Soviet ini jatuh ke tangan Iran.

Jadi akhirnya, pada tahun 1997 Amerika mengeluarkan senjata intelijennya yang paling pamungkas untuk mendapatkan MiG-29 Moldova tersebut: Uang Cash. Dengan membawa ‘bantuan kemanusiaan’ senilai 40 Juta Dollar, ditambah sejumlah truk militer dan peralatan militer non senjata lainnya, Amerika Serikat membeli 21 unit MiG-29 asal Moldova tersebut.

BACA JUGA :  Kisah Pengembangan Rudal Anti Satelit Amerika
MiG-29 eks Moldova di Wright-Patterson AFB, 2003
MiG-29 eks Moldova di Wright-Patterson AFB, 2003

Ke 14 MiG-29C yang ditakutkan jatuh ke tangan Iran tersebut termasuk diantaranya. Keseluruhan pesawat ini, dibongkar di Moldova, lalu bersama termasuk spare mesin dan spare part lainnya dimasukkan ke pesawat angkut raksasa C-17 Globemaster dan diterbangkan ke Dayton, Ohio, Amerika Serikat.

Sisa MiG-29 Fulcrum yang tidak dibeli oleh Amerika sudah terlanjur dibeli oleh Yaman dan Eritrea, negara baru yang waktu itu sedang berperang dengan Ethiopia. Kisah pertempuran MiG-29 Eritrea lawan Sukhoi Su-27 Ethiopia bisa dibaca di link ini.

Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

8 COMMENTS

  1. Dan sebaliknya, bnyak juga alutsista US yg d dapat oleh Rusia, tp tdk d pubkasikan, salah satunya perpur legendaris F14 Tomcat yg d dapat dr Iran. Tanpa mempelajari teknologi Rusia, USA tdk mungkin bs semaju sekarang, krn sejak era MIG15 smpe MIG21 saja US sdh kalah telak bahkan d kelas pesawat pembom jarak jauh, sayang krismon menerpa USSR, kl tdk bs kita banyangkan gmn digdayanya Rusia, mungkin sm kl Jerman spt ketika era Hitler, krn teknoligi alutsista skrng dasarnya dr era Hitler

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

12-korea-utara-luncurkan-rekaman-ujicoba-misil-kapal-selam

Korea Utara Luncurkan Video Ujicoba Misil Kapal Selam

0
Hobbymiliter.com - Korea Utara baru saja merilis sebuah rekaman video yang diklaim menunjukkan sebuah pengujian rudal balistik kapal selam (submarine-launched ballistic missile) atau SLBM,...

Recent Comments