Thursday, April 25, 2024
HomeBlog MiliterSejarahSejarah Kerajaan Samudera Pasai, Salah Satu Kerajaan Islam Tertua Di Indonesia

Sejarah Kerajaan Samudera Pasai, Salah Satu Kerajaan Islam Tertua Di Indonesia

Peninggalan sejarah dari salah satu Kerajaan Islam tertua di Indonesia ini menjadi bukti dari keberadaan dan kejayaan kerajaan Pasai di masa lampau. Serta kemunduran kesultanan yang disebabkan oleh masalah perpecahan di dalam kerajaan yang mengakibatkan perang saudara tak terhindarkan. Di tambah lagi dengan kedatangan Portugal yang menjadi salah satu penyebab keruntuhan kerajaan dari faktor eksternal.

Selain itu, keberadaan makam para raja dan menteri yang menjadi salah satu bukti penting akan keberadaan Islam di sana. Bukti tersebut sangat menggambarkan kehidupan masa lampau dari kerajaan yang menganut agama Islam. Hal tersebut diketahui dari nisan yang berada di makam, bertuliskan dengan bahasa Arab. Ini menjadi bukti tak terbantahkan bahwa sejarah kerajaan Samudera Pasai adalah salah satu kerajaan Islam tertua di Indonesia.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Bupati Sintang Hibahkan 10 Hektare Tanah Untuk Skadron Serbu TNI

Bupati Sintang Hibahkan 10 Hektare Tanah Untuk Skadron Serbu TNI

0
Hobbymiliter.com - Pada hari Kamis (17/3) lalu, Bupati Sintang, Jarot Winarno secara simbolis menyerahkan dokumen hibah tanah seluas 10 hektare kepada Pangdam XII/TPR, Mayjen...

Recent Comments