Tuesday, December 6, 2022
HomeBlog MiliterSejarahSejarah Kerajaan Mataram Kuno, Kerajaan Agraris Di Pulau Jawa

Sejarah Kerajaan Mataram Kuno, Kerajaan Agraris Di Pulau Jawa

Banyak sekali peninggalan berupa prasasti oleh kerajaan Mataram Kuno. Masing-masing menceritakan kisah yang berbeda dan penuh nilai sejarah. Sehingga generasi sekarang bisa mengetahui sejarah di masa lampau akan kejayaan dan runtuhnya Mataram Kuno.

Candi-Candi Peninggalan Mataram Kuno

Tidak hanya prasasti saja yang menjadi bukti otentik akan keberadaan kerajaan Mataram Kuno. Seperti candi-candi yang telah dibangun dengan kokoh dan sekarang masih bisa kita temui. Daftar candi-candi peninggalan Mataram Kuno tersebut antara lain:

  • Candi Gatotkaca

Merupakan candi Hindu yang berada di Dataran Tinggi Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah. Bersebelahan dengan kompleks candi Arjuna. Adapun nama Gatotkaca diambil dari tokoh pewayangan di cerita Mahabarata.

  • Candi Arjuna
BACA JUGA :  Sepakat Soal Diskon Harga, Pentagon Pesan 90 Unit F-35 dari Lockheed Martin

Candi Arjuna berbentuk persegi dengan luas sekitar 4 meter persegi. Bentuknya mirip dengan bangunan di kompleks Gedong Songo.

  • Candi Puntadewa

Candi Puntadewa berada di kompleks candi Arjuna, jadi sangat berdekatan. Ukurannya terbilang kecil namun tinggi.

  • Candi Semar

Berhadapan dengan candi Arjuna dan bentuk dari candi Semar adalah segiempat tapi membujur ke arah utara selatan.

  • Candi Bima

Berada di Desa Dieng Kulon, Batur, Banjarnergara, Jawa Tengah. Jadi posisinya di kawasan paling selatan. Bentuknya sangat unik sebab mirip sekali dengan beberapa arsitektur candi di India. Pada bagian atas atau atap hampir sama dengan Shikara juga punya rupa seperti mangkuk yang terbalik. Selain itu, di bagian ini ada relung serta relief kepala yang disebut dengan kudu.

  • Candi Borobudur
BACA JUGA :  Sejarah Perang Pattimura di Maluku Melawan Belanda

Adalah salah satu peninggalan Mataram Kuno yang paling ternama. Popularitasnya dikenal hingga ke berbagai belahan dunia. Terletak di kota Magelang, Jawa Tengah dan termasuk sebagai candi Budha terbesar.

  • Candi Mendut

Sama seperti candi Borobudur, candi Budha ini berada di Magelang, Jawa Tengah. Sudah ada sejak Mataram dipimpin oleh raja Idna dari wangsa Syailendra.

  • Candi Pawon

Jika dilihat dari sisi atas, candi Pawon tampak seperti dalam satu garis lurus dengan candi Mendut dan Borobudur.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Kisah Vladimir Putin Nyaris Mati Ditembaki Di Chechnya

Kisah Vladimir Putin Nyaris Mati Ditembaki Di Chechnya

0
Kisah Vladimir Putin Nyaris Mati Ditembaki Di Chechnya - HobbyMiliter.com - Dalam sebuah film dokumenter mengenai Presiden Rusia yang disusun oleh reporter Rusia Andrey...

Recent Comments