Saturday, April 27, 2024
HomeBlog MiliterBarbel Class, kapal selam diesel terakhir AS

Barbel Class, kapal selam diesel terakhir AS

Selama masa tugasnya, Albacore menjadi platform uji berbagai teknologi baru. Misalnya pemakaian bahan polimer yang disemburkan di permukaan kapal untuk lebih mengurangi hambatan. Albacore ini juga menjadi pelopor pemakaian “X” rudder pada kapal selam. Pemasangan X-rudder ini dilakukan pada tahun 1960.

USS Albacore X Rudder
X Rudder pada USS Albacore

X Rudder ini nantinya akan menjadi salah satu “tren” kapal selam Diesel-diesel elektrik modern saat ini. Namun demikian untuk Barbel Class menganut filosofi yang sedikit berbeda.

Peluncuran dan desain.

AGSS Albacore menjadi kapal selam pelopor hidrodinamika sementara pada tahun 1954, ada terobosan baru yaitu reaktor nuklir dengan USS Nautilus sebagai kapal selam nuklir pertama di Dunia.  Sudah barang tentu para ahli di AS akan “mencoba” menggabungkan kedua paradigma baru ini dalam satu platform, yang nanti akan dibahas tersendiri yaitu kapal selam kelas Skipjack.

BACA JUGA :  Tangkal Efek Brexit, Jerman dan Prancis Akan Berbagi Pesawat dan Pangkalan Udara

Namun demikian Angkatan laut AS sendiri adalah belum siap secara penuh untuk menerima semua teknologi baru ini. Diskusi mengenai varian tempur dari desain Albacore sudah mengemuka sejak tahun 1953.  Pemrakarsanya tak lain tak bukan adalah Portsmouth naval shipyard yang juga membangun Albacore.

USS Barbel
Kapal selam Barbel Class dalam pelayaran

Tahun 1955 akhirnya dengan masukan BuShips (Bureau of Ships), pihak galangan Portsmouth mulai membuat kapal pertama dari Barbel Class ini dengan nama “USS barbel” atau SS-580. Kapal selam berikutnya yaitu SS-581 “Blueback” dibuat oleh Ingalls shipbuilding company dan SS-582 “Bonefish” yang dibuat oleh New york shipbuilding, di New Jersey.

BACA JUGA :  Kisah Operasi Trikora: Pesawat Pak Harto Nyaris Ditembak Belanda!
Layout
Layout Barbel Class
Dhimas Afihandarin
Dhimas Afihandarinhttp://stealthflanker.deviantart.com
Pecinta militer, terutama yang berkaitan dengan topik Pertempuran elektronika dan desain alutsista.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

14-kapal-ahmad-yani-akan-dipensiunkan-pada-2017

Kapal Fregat Kelas Ahmad Yani Akan Dipensiunkan Mulai 2017

0
Hobbymiliter.com - Angkatan Laut Tentara Nasional Indonesia (TNI-AL) telah memutuskan untuk mempensiunkan kapal pertama dari enam unit kapal fregat Ahmad Yani mulai tahun depan. Demikian...

Recent Comments