Sunday, March 3, 2024
HomeBlog MiliterBarbel Class, kapal selam diesel terakhir AS

Barbel Class, kapal selam diesel terakhir AS

Dari segi desain, meskipun mengambil contoh daripada Albacore, Barbel class cenderung konvensional, utamanya dari segi layout rudder atau sirip kendali yang menganut layout “+” bukannya “X”.  Hal ini dikarenakan pandangan bahwa X-rudder ini belum andal.

Bilamana terjadi kedaruratan misalnya macet pada salah satu sirip kendali, layout “+” memungkinkan kapal untuk masih dapat dikendalikan, sedangkan layout “X” akan lebih sulit dikendalikan karena pergerakan kapal selam dibawah air memerlukan koordinasi dari semua sirip kendalinya.

Produksi untuk Barbel class sayangnya tidak banyak, hanya 3 kapal . Hal ini dikarenakan keputusan dari US Navy untuk memusatkan diri sepenuhnya pada propulsi nuklir.  Namun demikian kapal selam ini memiliki waktu tugas yang panjang yaitu 30 tahun untuk kesemuanya.  Dari 3 kapal barbel class, 2 diantaranya “berhasil” selamat dari tangan pembongkar kapal (scrapyard) yaitu Blueback dan Bonefish.  Blueback berakhir sebagai kapal museum di Oregon, sementara Bonefish setelah mengalami musibah kebakaran, diambil oleh perusahaan Northrop Grumman untuk tujuan eksperimen.

BACA JUGA :  Rusia Akan Ubah Menara Operator Seluler Jadi Alat Jamming Rudal Musuh
Blueback
USS Blueback menjadi kapal museum

Warisan

Sekalipun produksi Barbel class hanya 3 dan tidak dilanjutkan lagi oleh US Navy. Desain daripada Barbel class memiliki pengaruh relatif luas. Paling tidak pada 3 negara yaitu Jepang dengan Uzushio-class, Belanda dengan Zwaardvis class, yang menjadi basis daripada Hai-Lung class di Taiwan.  Sementara untuk negara “timur” dibalik tirai besi, layout daripada Barbel ini baru dirasakan pada P-877 “Kilo” pada tahun 1970-1980’an.

Sebelum itu negara-negara klien Soviet harus “puas” dengan kapal selam yang menganut “aliran” U-boat type XXI, seperti P-613 “Whiskey”, P-641 “Foxtrot” dan Romeo.

BACA JUGA :  Hamas Bersiap Untuk Berperang Melawan Agresi Israel
dbfpin
Pin “Diesel Boat Forever”
Kebanggaan bagi awak kapal selam Diesel di AS yang tergerus oleh kapal selam bertenaga nuklir

“Warisan” lain daripada kapal selam ini adalah adanya kultus yang diwujudkan dalam bentuk badge tidak resmi dengan nama “DBF” atau “Diesel Boat Forever” Yang merupakan suatu bentuk kebanggaan daripada awak kapal selam yang pernah bertugas di kapal selam diesel elektrik terakhir AS ini.

Dhimas Afihandarin
Dhimas Afihandarinhttp://stealthflanker.deviantart.com
Pecinta militer, terutama yang berkaitan dengan topik Pertempuran elektronika dan desain alutsista.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Isi Teks Dekrit Presiden 5 Juli 1959

Isi Teks Dekrit Presiden 5 Juli 1959

0
DEKRET PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA/PANGLIMA TERTINGGI ANGKATAN PERANG TENTANG KEMBALI KEPADA UNDANG-UNDANG DASAR 1945 Dengan rachmat Tuhan Jang Maha Esa, KAMI PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA/PANGLIMA TERTINGGI ANGKATAN PERANG Dengan ini menjatakan...

Recent Comments