Friday, April 19, 2024
HomeBlog MiliterSTRIL, Sistem koordinasi & datalink AU Swedia

STRIL, Sistem koordinasi & datalink AU Swedia

article_link16_04_draken_56
SAAB Draken, pengguna datalink digital pertama AU Swedia
article_link16_03_draken_cockpit
kokpit SAAB-Draken.

Datalink digital ini sendiri disebut dengan “A/G Datalink”.  Pada SAAB Draken, data dari sistem Stril-60 diterima melalui frekuensi radio. Salah satu fitur daripada datalink A/G ini adalah ketahanan daripada pengacakan elektronik lawan yang didapat melalui penggunaan antenna yang menghadap ke-belakang,atau selalu menghadap ke stasiun pemancar.  Dengan demikian dibutuhkan pengacak/jammer dengan daya yang relatif besar agar efek daripada jamming dapat “masuk” menganggu penerimaan.

article_link16_02_stril60_operator
Konsol Radar Decca PS-08 untuk Stril-60
Sebagai elemen utama untuk memandu pesawat tempur ke sasarannya. Stril-60 memanfaatkan radar PS-08 sebagai pemandu utama. Radar buatan Inggris ini, dan tentunya radar pencari ketinggian pendampingnya, mampu memberikan data yang presisi.

 

BACA JUGA :  ISIS Konfirmasi Kematian Komandannya, Omar al-Shishani
Stril-60 Radar
Elemen Radar Stril 60
C2 Stril 60
Instalasi C2 pada Stril 60

STRIL-60 Generasi kedua.

Dengan munculnya pesawat generasi baru yaitu AJ-37/SAAB Viggen. Stril-60 mengalami modernisasi.  Teknologi baru yang diusung oleh “generasi kedua” daripada sistem koordinasi dan datalink ini adalah komputer digital.

article_link16_08_viggen_52
SAAB Viggen

Adanya elemen komputer digital bukan hanya sekedar mesin hitung jarak dan ketinggian, melainkan juga memungkinkan pembentukan pola terbang secara otomatis, dengan demikian armada SAAB-Viggen yang dipandu oleh sistem generasi kedua ini akan dapat langsung menerima data posisi lawan yang menguntungkan dari segi penembakan senjata. Jadi data yang diterima pilot akan berupa arahan untuk terbang yang kalau dituruti ya akan menempatkan pilot pada posisi optimal untuk menembakkan senjatanya.

BACA JUGA :  Filipina Teken Kontrak Dengan Korsel Untuk Pembelian Dua Kapal Fregat

Implementasi sistem ini memungkinkan pencegatan terhadap sasaran cepat dan terbang tinggi, misalnya “Baltic Express” Dimana Viggen melakukan simulasi pencegatan terhadap pesawat SR-71 “Blackbird” yang kembali dari misi pengintaian di Uni Soviet. Hal ini dimungkinkan oleh sistem komputer Stril-60 generasi kedua tersebut yang dapat memperhitungkan dimana posisi yang tepat untuk mencegat Blackbird.

Dhimas Afihandarin
Dhimas Afihandarinhttp://stealthflanker.deviantart.com
Pecinta militer, terutama yang berkaitan dengan topik Pertempuran elektronika dan desain alutsista.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Sejarah Penggunaan Drone MAZLAT SCOUT Dalam Melawan OPM di Operasi Mapenduma

Sejarah Penggunaan Drone MAZLAT SCOUT Dalam Melawan OPM di Operasi...

0
Sejarah Penggunaan Drone MAZLAT SCOUT Dalam Melawan OPM di Operasi Mapenduma - HobbyMiliter.com - Dibanding dengan berbagai operasi komando yang pernah digelar TNI sebelumnya, operasi...

Recent Comments