Saturday, April 20, 2024
HomeBlog MiliterSTRIL, Sistem koordinasi & datalink AU Swedia

STRIL, Sistem koordinasi & datalink AU Swedia

Presentasi data pada Pilot sendiri mengalami perubahan juga. Bilamana pada Stril-60 generasi awal, data digital hanya berupa angka atau arahan ketinggian, posisi dan kecepatan lawan. Pada generasi kedua ini, dengan adanya komputer maka presentasi data dapat berupa peta digital.

SAAB Viggen memiliki kokpit yang jauh lebih modern daripada Draken, dengan layar tersendiri untuk menampilkan situasi taktis.

article_link16_05_viggen_cockpit
Kokpit SAAB Viggen. Tampilan layar datalink ada pada bagian kanan atas

 

article_link16_06_viggen_tactical_display
Tampilan Data taktis SAAB Viggen.

Stril-90

BAS-90-768×678
Bas-90

Seiring dengan perkembangan zaman. Tentu Stril-60 ini dikembangkan lebih lanjut. Setelah Bas-60, dikembangkan lagi Bas-90. Prinsip dari Bas-90 ini adalah sama dengan Bas-60 namun dengan penyebaran aset yang lebih luas, termasuk diantaranya sistem koordinasi dan datalink baru. Datalink ini disebut dengan Stril-90.

BACA JUGA :  2018, Inggris Pensiunkan Rudal Harpoon
Stril-90
Elemen Stril-90

Perkembangan dari Stril-90 ini bilamana dibandingkan dengan Stril-60 adalah lebih luasnya elemen yang dapat terhubung dan sensor. Bilamana Stril 60 banyak mengandalkan sensor darat. Stril-90 memasukkan elemen AEW/AWACS yaitu Erieye atau Argus S-100 lalu pesawat pengintaian elektronik S-102B “Korpen”.

Hasilnya adalah peningkatan drastis daripada kewaspadaan skuadron udara Militer Swedia. Selain itu Stril-90 juga menyediakan peningkatan dengan kompatibilitas dengan negara Asing sehingga memungkinkan latihan bersama dengan negara lain seperti Amerika Serikat atau anggota NATO lainnya.

Dhimas Afihandarin
Dhimas Afihandarinhttp://stealthflanker.deviantart.com
Pecinta militer, terutama yang berkaitan dengan topik Pertempuran elektronika dan desain alutsista.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

16-tiongkok-terima-empat-jet-sukhoi-su-35-dari-rusia

Terima Empat Sukhoi Su-35 Pesanan Dari Rusia, AU Tiongkok: Ini Impor...

0
Hobbymiliter.com - Militer Tiongkok mengkonfirmasi bahwa pihaknya telah menerima empat unit jet tempur Sukhoi Su-35 buatan Rusia pada akhir Desember 2016. Namun, pihaknya memberi...

Recent Comments