Saturday, May 28, 2022
HomeMiliterAlutsistaPrajurit Satran Koarmada II Latihan Pemantapan Pengetahuan Deteksi Bawah Air

Prajurit Satran Koarmada II Latihan Pemantapan Pengetahuan Deteksi Bawah Air

Hobbymiliter.com – Pada hari Senin, 21 Maret 2022, dilaksanakan acara pembukaan Latihan Pemantapan Pengetahuan Deteksi Bawah Air di Ruang Serbaguna Satuan Kapal Ranjau Komando Armada II (Satran Koarmada II), yang berlokasi di Surabaya. Kegiatan latihan kali ini diikuti oleh sebanyak 230 orang prajurit Satran Koarmada II. Latihan Pemantapan Pengetahuan Deteksi Bawah Air ini direncanakan akan berlangsung selama 12 hari. Kegiatan pelatihan ini dibuka secara resmi oleh Komandan KRI Pulau Rupat 712 Letkol Laut (P) Slamet Ariyadi mewakili Komandan Satuan Kapal Ranjau (Dansatran) Koarmada II Kolonel Laut (P) Khalimul Khakim. Nantinya dalam pelaksanaan kegiatan latihan ini, para prajurit Satran Koarmada II akan banyak belajar mengenai teknik dan ilmu deteksi bawah air dengan menggunakan perlengkapan yang dimiliki oleh Satuan Kapal Ranjau Koarmada II.

BACA JUGA :  Erdogan: Turki Berhak Lakukan Operasi Militer Di Suriah dan Dimana Saja

Untuk materi pelatihan pemantapan pengetahuan deteksi bawah air kali ini, akan diberikan materi teori di kelas dan praktik lapangan. Untuk materi teori di kelas, materi yang akan diberikan meliputi pengenalan peralatan bawah air, teori dasar perangkat Side Scan Sonar, Magnetometer, Sub Bottom Profile atau SBP, dan teori pengolahan data. Sedangkan untuk materi praktik lapangan meliputi praktik instalasi perangkat Side Scan Sonar, Magnetometer, Sub Bottom Profile atau SBP, dan praktik pengolahan data menggunakan perangkat lunak atau Software, yang hasilnya kemudian dianalisa oleh para prajurit Satran yang terlibat.

BACA JUGA :  Kapal Selam Amerika Dan Inggris Laksanakan ICEX 2018 Di Kutub Utara

Dalam sambutannya yang dibacakan oleh Letkol Laut (P) Slamet Ariyadi selaku perwakilan, Dansatran Koarmada II (Kolonel Laut (P) Khalimul Khakim, red) menyampaikan bahwa “Satuan Kapal Ranjau adalah komando pelaksana pembinaan yang mempunyai tugas pokok melaksanakan pembinaan kekuatan dan kemampuan tempur unsur – unsur organiknya dalam bidang peperangan ranjau, dengan kegiatan tersebut diharapkan para peserta latihan melaksanakan dengan sungguh-sungguh latihan ini dan dapat diimplementasikan dalam tugas yang profesional.”

Diadakannya Latihan Pemantapan Pengetahuan Deteksi Bawah Air oleh Satuan Kapal Ranjau Koarmada II juga bertujuan untuk mendukung tugas pokok Satuan Kapal Ranjau Koarmada II pada operasi peperangan ranjau yang perlu dilaksanakan secara terprogram dan terintegrasi dengan berbagai satuan lain. Disamping itu, latihan juga dilakukan untuk terus mengasah kemampuan tempur Satuan Kapal Ranjau Koarmada II ditengah keterbatasan platform kapal buru ranjau (Mine Hunter Vessel) atau kapal sapu ranjau (Mine Sweeper Vessel) yang tersedia agar performa satuan tetap terjaga dalam kondisi maksimal.

Kristian Prasetyo Lobohttps://www.facebook.com/Achtung.sniper
Just an ordinary person who loves diecast and military related-stuffs. Enjoy my writings as you enjoy your daily delicious food. Wanna put some suggestion? Don't hesitate to comment on my posts or you can sending me message on my facebook profile. ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Mock Up Tank Boat pada Indo Defence 2016

Indo Defence 2016 : Mock Up Tank Boat Ditampilkan

0
HobbyMiliter.com - Grup perusahaan yang terdiri dari tiga perusahaan, PT. Lundin, PT. PINDAD, dan CMI Defence menampilkan model skala 1:1 dari konsep Tank Boat pada...

Recent Comments