Tuesday, May 21, 2024
HomeBlog MiliterReferensiKehidupan Politik Kerajaan Tarumanegara

Kehidupan Politik Kerajaan Tarumanegara

Siapakah raja-raja yang dimaksud? 12 Raja yang tertulis dalam isi naskah Wangsakerta, yaitu Jayasingawarman, Dharmayawarman, Purnawarman, Wisnuwardana, Indrawarman, Candrawarman, Suryawarman, Kertawarman, Sudhawarman, Hariwangsawarman, Nagajayawarman, dan Linggawarman.

Walaupun dalam naskah tersebut disebutkan bahwa Jayasingawarman merupakan raja pertama, namun tidak ada tulisan yang menyatakan bahwa Ia merupakan pendiri dari Kerajaan Tarumanegara. Oleh karena itu, para ahli sejarah tidak mengambil kesimpulan tentang siapa yang mendirikan pertama kali kerajaan tersebut.

Ada bukti sejarah lain yang menguatkan naskah Wangsakerta tentang kehidupan Kerajaan secara politik, yaitu dengan ditemukannya kuburan atau pusaran raja pertama tersbeut yang bernama Jayasingawarman. Pusaran tersebut dapat dijumpai di area Kali Gomati. Disamping itu, ada juga pusaran dari Raja Dharmayawarman yang bisa Anda temukan di area Kali Candrabaga.

BACA JUGA :  Pengertian dan Makna Wawasan Kebangsaan

Kehidupan Politik Kerajaan Tarumanegara Berdasarkan Prasasti Tugu

Prasasti tugu juga dapat membuktikan eksistensi Kerajaan Tarumanegara sekaligus bisa memberikan fakta politik di kerajaan tersebut. Prasasti tersebut menjelaskan tentang seorang raja yang paling populer dalam memimpin Kerajaan , yaitu raja ke 3 sekaligus yang bernama Purnawarman.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

NNS Kada, Kapal LST Baru Untuk AL Nigeria Resmi Tiba Di Nigeria

NNS Kada, Kapal LST Baru Untuk AL Nigeria Resmi Tiba Di...

0
Hobbymiliter.com – Nigerian Navy Ship (NNS) Kada dengan nomor lambung LST 1314, dikabarkan telah tiba di Nigeria setelah sebelumnya melakukan pelayaran perdana nya dari...
Kapal ADRI XLVI TNI-AD

Kapal ADRI XLVI TNI-AD

Recent Comments