Tuesday, March 26, 2024
HomeBlog MiliterReferensiPeninggalan Zaman Neolitikum

Peninggalan Zaman Neolitikum

2. Kapak Persegi
Selain kapak lonjong terdapat juga peninggalan berupa kapak persegi. Kapak ini dibuat menggunakan bahan batu yag dibentuk menjadi persegi. Kapak persegi ini pada zaman Neolitikum digunakan sebagai cangkul untuk bercocok tanam dan digunakan juga untuk memahat kayu.

Penemuan Kapak persegi banyak di temukan di wilayah Indonesia seperti di Pulau Nusa tenggara, Bali, Sumatera, Jawa dan pulau lainnya.

3. Pakaian
Di zaman Neolitikum manusia telah mengenal pakaian. Pakaian yang dibuat di masa ini adalah pakaian yang terbuat dari serat kayu. Karena manusia di zaman ini mulai merasa dingin ketika malam dan memanfaatkan kapak lonjong dan kapak persegi untuk memotong serta menghaluskan serat kayu untuk dijadikan pakaian.

BACA JUGA :  Mengenal Ibu Kota Brunei Darussalam

4. Gerabah
Peninggalan Zaman Neolitikum lainnya yang ditemukan di Indonesia seperti di Banyuwangi, Bogor, Sulawesi, Tanggerang dan kota lainnya adalah gerabah. Gerabah dari zaman neolitikum ini berbentuk wadah kecil yang biasa digunakan sebagai alat makan dan minum. Perbedaannya di zaman neolitikum bentuk gerabah masih berbentuk kasar yang dibuat menggunakan tanah liat dan pasir.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Flashing Light to Text Converter, Alat Komunikasi Antar Kapal Perang Tanpa Radio

Flashing Light to Text Converter, Alat Komunikasi Antar Kapal Perang Tanpa...

0
Flashing Light to Text Converter, Alat Komunikasi Antar Kapal Perang Tanpa Radio - HobbyMiliter.com – Secanggih apapun alat komunikasi pada kapal perang terbaru, tapi...

Recent Comments