Thursday, September 22, 2022
HomeBlog MiliterBiografiBiografi Jenderal Sudirman: Panglima Besar Tentara Nasional Indonesia Pertama

Biografi Jenderal Sudirman: Panglima Besar Tentara Nasional Indonesia Pertama

Walau sempat ragu, namun Sudirman setuju dan memulai pelatihan di Bogor. Sudirman menjabat sebagai komandan atau daidanco mengingat posisinya di masyarakat dan dilatih perwira serta tentara Jepang serta dipersenjatai peralatan sitaan dari Belanda. Kemudian Sudirman ditempatkan di batalyon Kroya yang berada di Banyumas setelah menjalani pelatihan selama empat bulan.

Ketika tentara PETA pimpinan Kusaeri melancarkan pemberontakan terhadap Jepang pada tanggal 21 April 1945, Sudirman diperintahkan untuk menumpas pemberontakan tersebut. Sudirman menyetujuinya dengan syarat para pemberontak PETA tidak dibunuh serta lokasi persembunyian mereka tidak dihancurkan. Menyerahnya Kusaeri pimpinan pemberontakan PETA tersebut di tanggal 25 April 1945 meningkatkan dukungan pada Sudirman di kalangan tentara Jepang walau ada beberapa perwira tinggi Jepang yang menyatakan keprihatinan mereka atas dukungan Sudirman akan kemerdekaan Indonesia. Sudirman beserta anggotanya kemudian dipindahkan ke kamp di Bogor dengan alasan mengikuti pelatihan namun sesungguhnya mereka dijaga ketat serta ditindas.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Subsonex JSX-2, Jet Pribadi Termurah Yang Bisa Dirakit Sendiri

1
Subsonex JSX-2, Jet Pribadi Termurah Yang Bisa Dirakit Sendiri - HobbyMiliter.com. Pernah punya pertanyaan, berapa sih sebenarnya harga jet pribadi seperti yang sering dipakai...

Recent Comments