Thursday, September 22, 2022
HomeBlog MiliterBiografiBiografi Jenderal Sudirman: Panglima Besar Tentara Nasional Indonesia Pertama

Biografi Jenderal Sudirman: Panglima Besar Tentara Nasional Indonesia Pertama

Setelah kemerdekaan Indonesia diproklamasikan, Sudirman melarikan diri dari pusat penahanan dan menemui Presiden Soekarno di Jakarta. Presiden pun menugaskannya untuk mengawasi proses penyerahan diri tentara Jepang di Banyumas. Hingga pada akhirnya pada tanggal 12 November 1945 Sudirman terpilih menjadi Panglima Besar Tentara Keamanan Rakyat atau TKR di Yogyakarta didampingi Oerip yang menjabat sebagai kepala staf.

Sembari menunggu pengangkatan, Sudirman memerintahkan serangan ke pasukan Inggris dan Belanda yang berada di Ambarawa pada akhir November 1945. Alasannya adalah karena kota Ambarawa dianggap penting secara strategis mengingat keberadaan beberapa barak militer dan fasilitas pelatihan yang sudah ada sejak zaman penjajahan. Serangan yang dipimpin Sudirman tersebut berhasil memukul mundur pasukan Sekutu ke Semarang. Pertempuran ini hingga kini dikenal dengan Perang Ambarawa, dan membawa nama Sudirman menjadi pusat perhatian tingkat nasional.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Jepang Kirimkan Kapal Angkut Helikopter Ke Laut China Selatan

Jepang Kirimkan Kapal Angkut Helikopter Ke Laut China Selatan

4
Jepang Kirimkan Kapal Angkut Helikopter Ke Laut China Selatan - HobbyMiliter.com - Dalam rangka memperkuat hubungan diplomasi dengan negara - negara kawasan Asia-Pasifik, Pasukan...

Recent Comments