Thursday, September 22, 2022
HomeBlog MiliterBiografiBiografi Jenderal Sudirman: Panglima Besar Tentara Nasional Indonesia Pertama

Biografi Jenderal Sudirman: Panglima Besar Tentara Nasional Indonesia Pertama

Awal Agustus 1948, Sudirman yang tidak yakin Belanda akan patuh terhadap Perjanjian Roem-Royen meminta Presiden Soekarno untuk melanjutkan perang gerilya namun ditolak. Penolakan tersebut menjadi pukulan tersendiri bagi Sudirman yang kemudian menyalahkan ketidakkonsistenan pemerintah sebagai penyebab penyakit tuberkulosis yang dideritanya serta kematian Oerip.

Walau sempat mengancam akan mengundurkan diri, Sudirman membatalkannya karena takut akan menimbulkan ketidakstabilan. Maka Sudirman pun memutuskan tetap menjabat dan memberlakukan gencatan senjata di seluruh Jawa pada tanggal 11 Agustus 1949.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

26-erdogan-eksekusi-13

Keluar dari Konvensi HAM Eropa, Erdogan Akan Eksekusi 13.000 Orang?

0
Hobbymiliter.com - Pemerintah Turki telah menangkap lebih dari 13.000 orang yang diduga terkait dengan percobaan kudeta dua pekan silam. Dunia pendidikan dan pelayanan hukum...

Recent Comments