Thursday, September 22, 2022
HomeBlog MiliterBiografiBiografi Jenderal Sudirman: Panglima Besar Tentara Nasional Indonesia Pertama

Biografi Jenderal Sudirman: Panglima Besar Tentara Nasional Indonesia Pertama

Buku biografi Memoar Jenderal Sudirman diterbitkan pada tahun yang sama dengan kematiannya, sementara rangkaian berbagai pidatonya diterbitkan pada tahun 1970. Pemerintah RI pun memberikan macam-macam tanda kehormatan dengan cara anumerta, seperti Bintang Sakti, Bintang Gerilya, Bintang Mahaputra Pratama, Bintang Mahaputra Adipurna, Bintang Republik Indonesia Adipurna serta Bintang Republik Indonesia Adipradana.

Selain itu bentuk penghargaan lainnya dari pemerintah Indonesia adalah dengan penetapan Sudirman dan juga Oerip sebagai Pahlawan Nasional Indonesia lewat Keputusan Presiden No. 314 Tahun 1964 yang dikeluarkan pada tanggal 10 Desember 1964 dan dipromosikannya Sudirman sebagai Jenderal Besar di tahun 1997 serta ditampilkannya gambar Sudirman di seri uang kertas rupiah terbitan 1968.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

73-us-air-force-ujicoba-f-35-dengan-bom-laser

Siap Beroperasi, US Air Force Ujicoba F-35 Menggunakan Bom Laser

0
Hobbymiliter.com - Unit jet tempur F-35 milik US Air Force baru saja selesai melakukan ujicoba bom pelacak di kawasan Utah. Ujicoba ini adalah kali...

Recent Comments