Thursday, September 22, 2022
HomeBlog MiliterBiografiBiografi Jenderal Sudirman: Panglima Besar Tentara Nasional Indonesia Pertama

Biografi Jenderal Sudirman: Panglima Besar Tentara Nasional Indonesia Pertama

Menurut Suwarjo Tirtosupono selaku gurunya, Sudirman sangat pintar dalam mata pelajaran matematika, ilmu alam, serta menulis bahasa Indonesia dan Belanda, namun lemah di pelajaran kaligrafi Jawa. Sementara dalam hal keagamaan, Sudirman semakin taat beragama di bawah bimbingan Raden Muhammad Kholil selaku guru agamanya serta kerap dipanggil haji akibat ketaatannya dan seringnya Sudirman memberi ceramah agama pada siswa lain.

Setelah Cokrosunaryo meninggal tahun 1934, Sudirman diizinkan bersekolah tanpa membayar hingga lulus dan saat dirinya menginjak usia 19 tahun, Sudirman menjadi guru praktek di Wirotomo. Selama bersekolah di Wirotomo, Sudirman tergabung dalam Perkumpulan Siswa Wirotomo, klub drama serta kelompok musik. Selain itu dia juga mendirikan cabang Hizboel Wathan yang merupakan organisasi Kepanduan Putra milik Muhammadiyah dan menjadi pemimpin Hizboel Wathan cabang Cilacap setelah lulus.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Pasukan Bela Diri Maritim Jepang Resmikan Kapal Penyapu Ranjau Baru

Pasukan Bela Diri Maritim Jepang Resmikan Kapal Penyapu Ranjau Baru

0
HobbyMiliter.com - Pasukan Bela Diri Maritim Jepang Resmikan Kapal Penyapu Ranjau Baru. Pasukan Bela Diri Maritim Jepang atau Japan Maritime Self-Defense Forces (JMSDF) dikabarkan baru saja meresmikan...

Recent Comments