Thursday, September 22, 2022
HomeBlog MiliterBiografiBiografi Jenderal Sudirman: Panglima Besar Tentara Nasional Indonesia Pertama

Biografi Jenderal Sudirman: Panglima Besar Tentara Nasional Indonesia Pertama

Selama dirinya merintis karir sebagai kepala sekolah, Sudirman juga aktif dalam kegiatan Kelompok Pemuda Muhammadiyah dimana dirinya dikenal sebagai mediator serta negosiator yang lugas serta sering berdakwah di masjid setempat. Pada akhir tahun 1937, Sudirman pun terpilih menjadi Ketua Kelompok Pemuda Muhammadiyah Kecamatan Banyumas dan sering memfasilitasi seluruh kegiatan dan pendidikan para anggota kelompok tersebut, entah di bidang agama maupun sekuler. Sudirman bahkan turut serta dalam seluruh kegiatan yang dilaksanakan Kelompok Pemuda Jawa Tengah. Sementara sang istri, Alfiah aktif dalam berbagai kegiatan kelompok putri Muhammadiyah Nasyiatul Aisyiyah.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Sea King TUDM Jatuh

Helikopter Tempur Sea King AU Malaysia Jatuh Timpa Sekolah

0
HobbyMiliter.com - Sebuah Helikopter tempur Sea King milik AU Malaysia dilaporkan jatuh menimpa sebuah sekolah di kawasan Balung Tawau, Sabah. Pemerintah Malaysia menyatakan kejadian...

Recent Comments