Thursday, August 11, 2022
HomeBlog MiliterSejarahSejarah Perang Pattimura di Maluku Melawan Belanda

Sejarah Perang Pattimura di Maluku Melawan Belanda

Kejatuhan Benteng Duurstede tersebut memunculkan reaksi di kalangan pejabat Belanda di kota Ambon dan pimpinan militer di Ambon kemudian mengirim ekspedisi militer yang terdiri dari 300 prajurit pimpinan Mayor Beetjes dengan tujuan merebut kembali benteng. Rombongan pasukan yang dikirim tersebut tidaklah sendiri, namun dikawal dua kapal perang, Eversten dan Nassau.

Pattimura sudah mengetahui kedatangan pasukan Belanda tersebut dan menghadang mereka di bibir pantai saat pasukan ekspedisi tersebut mendarat. Penyergapan pasukan Pattimura tersebut memaksa pasukan ekspedisi mundur dan berniat melarikan diri. Namun perahu mereka telah hanyut hingga akhirnya mereka pun tidak berdaya, bahkan Mayor Beetjes pun tewas saat itu.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Jepang Siapkan 240 Milyar Dollar AS Untuk Anggaran Pertahanan

Jepang Siapkan 240 Milyar Dollar AS Untuk Anggaran Pertahanan

0
Jepang Siapkan 240 Milyar Dollar AS Untuk Anggaran Pertahanan - HobbyMiliter.com - Pemerintah Jepang yang dipimpin oleh perdana menteri Shinzo Abe dikabarkan telah mengesahkan...

Recent Comments