Thursday, August 11, 2022
HomeBlog MiliterSejarahSejarah Perang Pattimura di Maluku Melawan Belanda

Sejarah Perang Pattimura di Maluku Melawan Belanda

VOC juga membagi wilayah produksi secara administratif dalam beberapa karesidenan yang dikepalai seorang residen dengan diperlengkapi seperangkat staf sipil yang berkedudukan dalam benteng dan dikawal tentara VOC.

Demi mempertahankan sistem monopoli cengkeh tersebut, VOC membatasi perdagangan dari dan ke luar Maluku dengan berbagai cara, diantaranya dengan mewajibkan para pedagang untuk memiliki izin berlayar dari VOC jika ingin pergi untuk keperluan perdagangan. Tidak heran kalau saat itu orang asing hanya terkonsentrasi di Ambon, karena adanya pelarangan mereka hadir di negeri-negeri akibat kekuatiran VOC mereka akan memperdagangkan cengkeh secara gelap.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Ilustrasi Sukhoi Su-35

Indo Defence 2016 : Rusia Akan Tampilkan Model Su-35 Dan T-90

0
HobbyMiliter.com - Rusia akan tampilkan beberapa model item pada acara eksibisi Indo Defence 2016 yang akan berlangsung di Jakarta pada tanggal 2 hingga 5 November...

Recent Comments