Thursday, August 11, 2022
HomeBlog MiliterSejarahSejarah Perang Pattimura di Maluku Melawan Belanda

Sejarah Perang Pattimura di Maluku Melawan Belanda

Serikat Dagang Belanda atau VOC sejak merebut Pulau Ambon dari Portugis di tahun 1605 memutuskan untuk menjadikan beberapa pulau di Maluku Tengah menjadi sentra produksi cengkeh dunia agar dapat menguasai perdagangan cengkeh di Eropa sepenuhnya.

Dalam menjalankan rencananya tersebut, VOC membangun tatanan sosial yang teratur, rapi serta aman dengan menjadikan empat pulau sebagai daerah produsen cengkeh utama, yaitu Ambon, Haruku, Saparua, dan Nusalaut. Kepulauan tersebut disebut kepulauan Ambon-Lease dengan pemukiman yang dinamakan negeri diperintah oleh para penguasa atau raja secara turun temurun dengan kewajiban mempertahankan jatah produksi cengkeh di negeri mereka.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

RI Bimasakti Kapal Yacht Kepresidenan RI Yang Misterius

RI Bimasakti Kapal Yacht Kepresidenan RI Yang Misterius

0
Hobbymiliter.com - RI Bimasakti Kapal Yacht Kepresidenan RI Yang Misterius. Baru – baru ini kita telah bersama – sama melihat informasi terkait pembangunan kapal...

Recent Comments