Tuesday, April 16, 2024
HomeAlutsistaRadarRadar TRS Ground Master 400 Radar Pertahanan 3D

Radar TRS Ground Master 400 Radar Pertahanan 3D

Selain berkiprah untuk TNI AU, kehadiran Thales di Indonesia telah memberikan dampak yang besar melalui kerjasama dengan berbagai instansi maupun kematraan lain
di tubuh TNI. Beberapa contoh di antaranya adalah kerjasama dengan TNI AL dalam pemenuhan perangkat sistem pertempuran (combat systems) seluruh kapal perang TNI AL selama 20 tahun. Pada tahun 2004 dan 2006 dalam kontrak antara TNI AL dan produsen kapal Royal Scheide (Belanda), Thales terpilih menjadi penyuplai perangkat sistem perang untuk korvet kelas Sigma yang dibeli Indonesia. Untuk radar pertahanan udara kapal, Thales juga terpilih untuk menyuplai radar-radar SMART-S.

BACA JUGA :  Indo Defence 2016 : APC Turangga, Alutsista Baru Indonesia

Selain untuk proyek Ground Master 400, Thales juga melakukan kerja sama dengan PT Dirgantara Indonesia dalam pembuatan pesawat patroli maritim CN-235 dan NC-212 untuk TNI AU dan TNI AL. Thales menjadi penyuplai perangkat dan sistem Amascos (Airborne Maritime Situation & Control System).

Sementara dengan PT Telekomunikasi Indonesia, Thales Alenia Space telah menyuplai satelit komunikasi Palapa-D ketika Satelit Palapa-D diluncurkan pada 31 Agustus 2009 dan berada di lokasi transfer orbit yang lebih rendah pada normalnya. Team dari Thales Alenia Space berhasil menyelamatkan satelit tersebut dan mendapatkan penghargaan space rescue award during World Space Risk Forum di Dubai. Pencapaian ini diterjemahkan sebagai manfaat yang nyata bagi kedua pelanggan Indosat dan industri asuransi angkasa.

BACA JUGA :  Lockheed Martin Siapkan Radar L Band Terbarunya Untuk Di Produksi

Di bidang pengaturan lalu lintas udara di Indonesia (Air Traffic Services), Thales telah berperan besar dalam menyuplai sekitar 80% infrastruktur dari peralatan radar maupun sistem navigasi udara yang digunakan oleh ATC (Air Traffic Control) Indonesia.

Kehadiran Thales dan TRS di indonesia jelas tidak semata dalam penyuplaian kebutuhan perangkat keras maupun perangkat lunak saja, namun juga dalam proses alih teknologi bagi kemajuan teknologi dan sistem pertahanan Indonesia.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Boeing 737 Surveillance (Airliners.net).

Kisah Boeing 737 Surveillance, Pesawat Intai Maritim TNI AU

1
HobbyMiliter.com - Bicara airborne surveillance radar, tidak usah jauh-jauh. Di negeri ini pun ada barangnya. Masuk kategori top secret dan santer aroma intelijen. Tidak...

Recent Comments