Friday, September 17, 2021
HomeJangan Lupakan Nurtanio!!

Jangan Lupakan Nurtanio!!

 

Nurtanio, pelopor kedirgantaraan Indonesia
Nurtanio, pelopor kedirgantaraan Indonesia.

[sociallocker]
Pengalihan Lipnur sendiri sebenarnya dilakukan dengan perasaan ketar-ketir. Banyak perwira TNI AU tak setuju, namun sekali lagi siapa bisa membantah jika Soeharto sudah menghendakinya. Lipnur, bagi TNI AU, lebih dari sekadar aset. Lipnur adalah warisan yang amat berharga dari Nurtanio, yang hebatnya harus ditebus dengan nyawanya sendiri. Saat itu, di bawah pimpinan Ir. Juwono, Lipnur sudah siap memproduksi pesawat latih dan pesawat pertanian Gelatik berdasarkan PZL-104 Wilga yang lisensinya didapat dari Polandia. Ini adalah buah proyek senilai 1,5 juta dollar AS yang diberikan Pemerintah Polandia kepada Nurtanio yang ingin meningkatkan Depot Penyelidikan, Percobaan dan Pembuatan AURI menjadi Lembaga Persiapan Industri Penerbangan (Lapip). Gelatik sendiri adalah nama pemberian Presiden Soekarno.

BACA JUGA :  Vympel R-73 Alias AA-11 Archer, Rudal Udara ke Udara Sukhoi TNI AU

Lapip diresmikan pada 1 Agustus I960, dan namanya diubah menjadi Lembaga Industri Penerbangan Nurtanio pada 29 Juli 1966 sebagai penghormatan, atas jasa Nurtanio yang gugur pada 21 Maret 1966 dalam kecelakaan pesawat terbang hasil rancangannya sendiri.

Tak banyak yang tahu kalau ayah Nurtanio sendiri lebih menginginkan anaknya menjadi petani. Seperti dituturkan saudara kandung Nurtanio kepada Ashadi Tjahjadi, hal itu bisa ditelusuri dari lafal nama Nurtanio, “Nur, tani, o. Nur bertanilah.” Di luar dugaan, Nurtanio malah tumbuh menjadi ahli kedirgantaraan. Masa-masa rintisannya didukung Wiweko Soepono, yang sama-sama maniak penerbangan.[/sociallocker]

Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments

black donkey{(revolution mindset)}>???? on MARINIR INDONESIA – AMERIKA BERBAGI ILMU DI SITUBONDO
Thomson Sirait on Kehidupan di KRI Makassar 590
Ananda Andriyo on Patroli di Tanah Papua
HobbyMiliter on Patroli di Tanah Papua