Sunday, September 19, 2021
HomeJangan Lupakan Nurtanio!!

Jangan Lupakan Nurtanio!!

B.J. Habibie dan Pak Harto
B.J. Habibie dan Pak Harto.

“Kepada saya, ia (Habibie) sampaikan arahan Pak Harto bahwa Lipnur sudah waktunya di-privatisasi. Saya tak mau menerimanya begitu saja, karena pelaksanaannya harus melalui konsultasi dengan staf, dengan Dephankam, dengan Pangab, dan Asrenum ABRI,” ungkap Saleh. “Di antara staf, banyak yang tidak setuju. Namun di lain pihak, baik Dephankam, Pangab, dan Asrenum, semuanya cenderung menyarankan agar fasilitas seperti Lipnur, juga Pindad, dan sebagainya, sebaiknya dikeluarkan dari struktur organisasi karena hanya akan membebani anggaran Hankam. Ia harus dijadikan semacam industri strategis. Ketua Bappenas pun mengungkap hal yang sama,” tambah Saleh.

BACA JUGA :  PT DI Jajaki Kemungkinan Pesanan NC212i Tambahan Untuk AU Filipina

Maka tanpa bisa dicegah, bergulirlah pengalihan aset tersebut. Namun agar tak membuat kecewa TNI AU, Saleh Basarah menyodorkan dua permintaan dan keduanya disetujui Habibie. Satu adalah agar nama Nurtanio tetap dipakai, dan dua, sebelum memulai usaha industri, fasilitas ini harus melampaui dulu tahapan sebagai fasilitas perawatan pesawat. Harapannya, dari usaha perawatan pesawat bisa dikumpulkan uang untuk melangkah ke tahapan selanjutnya, yakni industri pesawat – sesuatu yang mestinya begitu diidamkan almarhum Nurtanio. Jika ini tercapai Saleh sendiri ingin fasilitas ini mengawalinya dengan pembuatan pesawat latih. Selain bisa didayagunakan sebagai pesawat COIN, ia bisa terhindar dari risiko tak laku karena bisa digunakan untuk kebutuhan sendiri. Habibie kabarnya juga setuju.

Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments

black donkey{(revolution mindset)}>???? on MARINIR INDONESIA – AMERIKA BERBAGI ILMU DI SITUBONDO
Thomson Sirait on Kehidupan di KRI Makassar 590
Ananda Andriyo on Patroli di Tanah Papua
HobbyMiliter on Patroli di Tanah Papua