Friday, April 19, 2024
HomeBlog MiliterBiografiJangan Lupakan Nurtanio!!

Jangan Lupakan Nurtanio!!

B.J. Habibie dan Pak Harto
B.J. Habibie dan Pak Harto.

“Kepada saya, ia (Habibie) sampaikan arahan Pak Harto bahwa Lipnur sudah waktunya di-privatisasi. Saya tak mau menerimanya begitu saja, karena pelaksanaannya harus melalui konsultasi dengan staf, dengan Dephankam, dengan Pangab, dan Asrenum ABRI,” ungkap Saleh. “Di antara staf, banyak yang tidak setuju. Namun di lain pihak, baik Dephankam, Pangab, dan Asrenum, semuanya cenderung menyarankan agar fasilitas seperti Lipnur, juga Pindad, dan sebagainya, sebaiknya dikeluarkan dari struktur organisasi karena hanya akan membebani anggaran Hankam. Ia harus dijadikan semacam industri strategis. Ketua Bappenas pun mengungkap hal yang sama,” tambah Saleh.

BACA JUGA :  Proses Perakitan NC-295 di PTDI, Bandung

Maka tanpa bisa dicegah, bergulirlah pengalihan aset tersebut. Namun agar tak membuat kecewa TNI AU, Saleh Basarah menyodorkan dua permintaan dan keduanya disetujui Habibie. Satu adalah agar nama Nurtanio tetap dipakai, dan dua, sebelum memulai usaha industri, fasilitas ini harus melampaui dulu tahapan sebagai fasilitas perawatan pesawat. Harapannya, dari usaha perawatan pesawat bisa dikumpulkan uang untuk melangkah ke tahapan selanjutnya, yakni industri pesawat – sesuatu yang mestinya begitu diidamkan almarhum Nurtanio. Jika ini tercapai Saleh sendiri ingin fasilitas ini mengawalinya dengan pembuatan pesawat latih. Selain bisa didayagunakan sebagai pesawat COIN, ia bisa terhindar dari risiko tak laku karena bisa digunakan untuk kebutuhan sendiri. Habibie kabarnya juga setuju.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

15-teknologi-darpa-pentagon-pengubah-pesawat-menjadi-drone

[VIDEO] Pentagon Perkenalkan Teknologi Pengubah Pesawat Menjadi Drone

0
Hobbymiliter.com - Biro Proyek Riset Mutakhir bidang Pertahanan (DARPA) milik Pentagon memiliki visi masa depan dimana pesawat tidak lagi membutuhkan awak dan kendaraan dirgantara...

Recent Comments