Tuesday, March 19, 2024
HomeMiliterAnalisis MiliterKekuatan Militer China vs Taiwan, Siapa Yang Akan Menang?

Kekuatan Militer China vs Taiwan, Siapa Yang Akan Menang?

Kekuatan Militer China vs Taiwan, Siapa Yang Akan Menang? – HobbyMiliter.com. Ancaman agresi Cina terhadap Taiwan yang tak pernah surut mau tak mau membuat negara yang dianggap pembangkang oleh Cina itu terus bersiaga. Salah satu kesiagaan dan kekuatan militer yang terus dibangun Taiwan yang mempunyai nama resmi Republic of China ini adalah air power. Kekuatan udara Taiwan terus dibangun dalam menghadapi konflik China vs Taiwan ini.

J-20 dan J-16, salah satu andalan PLAAF dalam konflik China vs Taiwan
J-20 dan J-16, salah satu andalan PLAAF dalam konflik China vs Taiwan

Cina sendiri yang menglaim Taiwan sebagai salah satu propinsi yang memberontak, walau dalam sejarahnya, awalnya justru kemenangan pemberontakan Partai Komunis China lah yang membuat pemerintahan nasionali China mengungsi ke Taiwan dan menjadi pemerintahan Taiwan uang sekarang.

BACA JUGA :  Harga F-35A Berpotensi Turun
AIDC F-CK-1 Ching-Kuo, salah satu andalan AU Taiwan dalam konflik China vs Taiwan
AIDC F-CK-1 Ching-Kuo, salah satu andalan AU Taiwan dalam konflik China vs Taiwan

Beijing saat ini tak mau tanggung-tanggung dalam menggelar ancaman. Ratusan rudal jelajah dan balistik telah digelar di Beijing dan moncongnya diarahkan langsung ke Taiwan. Selain beberapa pertempuran yang sudah terjadi, saat ini China sering memamerkan taringnya dalam bentuk latihan militer. Untuk melawan China dalam perseteruan China vs Taiwan ini, Taiwan pun tak tinggal diam. Selain menyiapkan rudal darat ke darat yang diarahkan ke China, rudal pertahanan udara Patriot yang dibeli dari AS pun telah digelar.

Bomber H-6K, salah satu andalan PLAAF dalam konflik China vs Taiwan
Bomber H-6K, salah satu andalan PLAAF dalam konflik China vs Taiwan

Pesawat-pesawat tempur canggih yang sudah dilengkapi berbagai jenis rudal juga sudah disiagakan. Tak hanya pesawat tempur yang kebanyakan dibeli dari AS, seperti 144 F-16 (sedang proses upgrade menjadi F-16V) dan 46 Mirage 2000-5 yang dibeli dari Prancis, pesawat buatan sendiri yang diharapkan kemampuannya mirip F-16 pun sudah diproduksi Taiwan, yakni Ching-Kuo IDF (Indigenous Defensive Fighter) selain masih memelihara fighter jadul seperti F-5 Tiger II.

BACA JUGA :  Rusia Lakukan Latihan Gelar Rudal Iskander-M Di Dekat Perbatasan Estonia
F-16, salah satu andalan AU Taiwan dalam konflik China vs Taiwan
F-16, salah satu andalan AU Taiwan dalam konflik China vs Taiwan

Produksi pesawat Ching-Kuo IDF yang merupakan turunan F-16 sengaja dirancang agar mampu bermanuver tinggi dan disiapkan untuk mencegat pesawat dan kapal perang Cina. Total produk Ching-Kuo yang diharapkan mencapai 100++ pesawat dan menjadi pelengkap bagi kekuatan udara yang telah digelar.

Senjata yang menjadi andalan Ching-Kuo IDF mempunyai kualitas tak jauh beda dibanding senjata yang terpasang di F-16. Khusus untuk persenjataan jenis rudal, jet tempur Ching-Kuo dilengkapi rudal air to air buatan sendiri, AAM Tien Chien I (Sky Sword I) dan AAM Tien Chien II (Sky Sword II).

BACA JUGA :  Engine F-5 Tiger II Skadron Udara 14
Fighter Bomber JH-7, salah satu andalan PLAAF dalam konflik China vs Taiwan
Fighter Bomber JH-7, salah satu andalan PLAAF dalam konflik China vs Taiwan

Sky Sword I jika dibandingkan dengan kemampuan rudal-rudal made in AS, bisa disamakan dengan rudal jenis AA sekelas Sidewinder. Sedangkan Sky Sword II mempunyai kemampuan sekelas rudal Sparrow. Selain itu, rudal antikapal perang juga sudah bisa dicipta sendiri oleh Taiwan dan merupakan salah satu senjata andalan jet tempur Ching-Kuo, yaitu Hsiung Feng I dan II.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

UAV Rajawali 330 Akan Perkuat TNI AD

UAV Rajawali 330 Akan Perkuat TNI AD

0
Hobbymiliter.com - Setelah ada drone Wulung dan Aerostar, kini Kementerian Pertahanan pesankan satu jenis drone lagi untuk TNI AD. Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu mengungkapkan...

Recent Comments