Wednesday, June 29, 2022
HomeMiliterAnalisis MiliterKekuatan Militer China vs Taiwan, Siapa Yang Akan Menang?

Kekuatan Militer China vs Taiwan, Siapa Yang Akan Menang?

Kekuatan Militer China vs Taiwan, Siapa Yang Akan Menang? – HobbyMiliter.com. Ancaman agresi Cina terhadap Taiwan yang tak pernah surut mau tak mau membuat negara yang dianggap pembangkang oleh Cina itu terus bersiaga. Salah satu kesiagaan dan kekuatan militer yang terus dibangun Taiwan yang mempunyai nama resmi Republic of China ini adalah air power. Kekuatan udara Taiwan terus dibangun dalam menghadapi konflik China vs Taiwan ini.

J-20 dan J-16, salah satu andalan PLAAF dalam konflik China vs Taiwan
J-20 dan J-16, salah satu andalan PLAAF dalam konflik China vs Taiwan

Cina sendiri yang menglaim Taiwan sebagai salah satu propinsi yang memberontak, walau dalam sejarahnya, awalnya justru kemenangan pemberontakan Partai Komunis China lah yang membuat pemerintahan nasionali China mengungsi ke Taiwan dan menjadi pemerintahan Taiwan uang sekarang.

AIDC F-CK-1 Ching-Kuo, salah satu andalan AU Taiwan dalam konflik China vs Taiwan
AIDC F-CK-1 Ching-Kuo, salah satu andalan AU Taiwan dalam konflik China vs Taiwan

Beijing saat ini tak mau tanggung-tanggung dalam menggelar ancaman. Ratusan rudal jelajah dan balistik telah digelar di Beijing dan moncongnya diarahkan langsung ke Taiwan. Selain beberapa pertempuran yang sudah terjadi, saat ini China sering memamerkan taringnya dalam bentuk latihan militer. Untuk melawan China dalam perseteruan China vs Taiwan ini, Taiwan pun tak tinggal diam. Selain menyiapkan rudal darat ke darat yang diarahkan ke China, rudal pertahanan udara Patriot yang dibeli dari AS pun telah digelar.

BACA JUGA :  Kisah Rahasia Intelijen Amerika Mendapatkan MiG-29 Fulcrum Untuk USAF
Bomber H-6K, salah satu andalan PLAAF dalam konflik China vs Taiwan
Bomber H-6K, salah satu andalan PLAAF dalam konflik China vs Taiwan

Pesawat-pesawat tempur canggih yang sudah dilengkapi berbagai jenis rudal juga sudah disiagakan. Tak hanya pesawat tempur yang kebanyakan dibeli dari AS, seperti 144 F-16 (sedang proses upgrade menjadi F-16V) dan 46 Mirage 2000-5 yang dibeli dari Prancis, pesawat buatan sendiri yang diharapkan kemampuannya mirip F-16 pun sudah diproduksi Taiwan, yakni Ching-Kuo IDF (Indigenous Defensive Fighter) selain masih memelihara fighter jadul seperti F-5 Tiger II.

F-16, salah satu andalan AU Taiwan dalam konflik China vs Taiwan
F-16, salah satu andalan AU Taiwan dalam konflik China vs Taiwan

Produksi pesawat Ching-Kuo IDF yang merupakan turunan F-16 sengaja dirancang agar mampu bermanuver tinggi dan disiapkan untuk mencegat pesawat dan kapal perang Cina. Total produk Ching-Kuo yang diharapkan mencapai 100++ pesawat dan menjadi pelengkap bagi kekuatan udara yang telah digelar.

BACA JUGA :  AS Kecam Kunjungan Presiden Taiwan Ke Area Sengketa Laut Cina Selatan

Senjata yang menjadi andalan Ching-Kuo IDF mempunyai kualitas tak jauh beda dibanding senjata yang terpasang di F-16. Khusus untuk persenjataan jenis rudal, jet tempur Ching-Kuo dilengkapi rudal air to air buatan sendiri, AAM Tien Chien I (Sky Sword I) dan AAM Tien Chien II (Sky Sword II).

Fighter Bomber JH-7, salah satu andalan PLAAF dalam konflik China vs Taiwan
Fighter Bomber JH-7, salah satu andalan PLAAF dalam konflik China vs Taiwan

Sky Sword I jika dibandingkan dengan kemampuan rudal-rudal made in AS, bisa disamakan dengan rudal jenis AA sekelas Sidewinder. Sedangkan Sky Sword II mempunyai kemampuan sekelas rudal Sparrow. Selain itu, rudal antikapal perang juga sudah bisa dicipta sendiri oleh Taiwan dan merupakan salah satu senjata andalan jet tempur Ching-Kuo, yaitu Hsiung Feng I dan II.

BACA JUGA :  Pimpinan Partai Pemerintah Turki: NATO Adalah Organisasi Teror
Mirage 2000-5, salah satu andalan AU Taiwan dalam konflik China vs Taiwan
Mirage 2000-5, salah satu andalan AU Taiwan dalam konflik China vs Taiwan

Rudal Hsiung Feng II yang merupakan rudal generasi terkini kemampuannya bahkan setara dengan rudal buatan AS, Harpoon. Hsiung Feng II memiliki ukuran panjang 4,6 m, berat 685 kg dan mampu melesat sejauh 80 km. Rudal yang digerakkan motor turbo jet ini dilengkapi pemandu sinar infra merah untuk menghantam sasarannya. Hsiung Feng II telah sukses diuji coba sejak tahun 1996.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

46-taiwan-mulai-peremajaan-jet-tempur-f-16v

Peremajaan Jet Tempur F-16V Milik Taiwan Resmi Dimulai

0
Hobbymiliter.com - Taiwan resmi memulai proses pembaharuan unit jet tempur F-16 Fighting Falcon yang mereka miliki ke versi F-16V terbaru yang telah diperkenalkan oleh...

Recent Comments