Sunday, September 19, 2021
HomeIndonesia dan Korea Selatan Setujui Kontrak Pengembangan Jet Tempur Senilai 17 Triliun

Indonesia dan Korea Selatan Setujui Kontrak Pengembangan Jet Tempur Senilai 17 Triliun

HobbyMiliter.com – Indonesia telah menandatangani kontrak senilai 1,3 miliar dollar atau sekitar 17,8 triliun rupiah dengan pihak Korea Selatan pada hari Kamis (7/1). Kedua negara secara bersama-sama akan mengembangkan jet tempur generasi masa depan di Seoul. Demikian disampaikan oleh pihak pabrikan pesawat Korea Selatan.

Berdasarkan kontrak yang ditandatangani bersama dengan Korea Aerospace Industries (KAI), Kementerian Pertahanan RI akan menginvestasikan dana sebesar 1,6 triliun won atau sekitar 17,8 triliun rupiah di dalam program pengembangan yang dinamakan Korean Fighter Experimental (KF-X).

BACA JUGA :  Lokasi Latihan Angkasa Yudha Digeser ke Natuna

7-indonesia-dan-korea-selatan-setujui-pengembangan-jet-tempur-kf-x
Demonstrasi render jet tempur KF-X. Sumber: Jejaktapak

Program ini bertujuan untuk memproduksi jet tempur terbaru yang dikembangkan secara mandiri oleh Korea Selatan, untuk menggantikan armada jet tempur F-4 dan F-5 yang sudah menua. Dulunya jet tempur ini diimpor dari Amerika Serikat.

Sebelumnya pada Maret 2015, konsorsium KAI dan pabrikan kendaraan udara Lockheed Martin memenangkan sebuah kontrak bernilai 8,6 triliun won atau sekitar 117 triliun rupiah untuk memproduksi 120 jet tempur bagi angkatan udara Korea Selatan.

Investasi dari Kemenhan RI ini menutupi sekitar seperlima dari total biaya pembuatan proyek ini, dimana 100 orang pekerja Indonesia juga akan turut ambil bagian dalam pengembangan dan produksi jet tempur tersebut. Demikian disampaikan oleh pihak KAI dalam sebuah pernyataan.

BACA JUGA :  Kapal ADRI XLVI TNI-AD

Indonesia juga akan diberikan satu pesawat purwarupa dan mendapat akses ke dalam data teknis dan informasi mengenai proyek tersebut.

Pemerintah Korsel berencana akan menaruh pesawat buatan proyek ini ke dalam armada angkatan udara mereka untuk menjaga kedaulatan negaranya dari ancaman Korea Utara yang bersenjatakan nuklir.

Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments

black donkey{(revolution mindset)}>???? on MARINIR INDONESIA – AMERIKA BERBAGI ILMU DI SITUBONDO
Thomson Sirait on Kehidupan di KRI Makassar 590
Ananda Andriyo on Patroli di Tanah Papua
HobbyMiliter on Patroli di Tanah Papua