Wednesday, June 19, 2024
HomeRudal Anti Pesawat Buk-M3, SAM Terbaru Rusia Segera Digunakan

Rudal Anti Pesawat Buk-M3, SAM Terbaru Rusia Segera Digunakan

9-misil-anti-jet-buk-m3-sam-rusia
Parade Buk-M3 konvensional yang masih mengangkut 4 misil.

Buk-M3 mengangkut rudal dalam kotak kotak peluncur, dimana hal ini berbeda dengan rudal Buk versi terdahulu yang menggunakan sistem peluncur rudal eksterna -rudal dibiarkan telanjang di lancher. Fitur terbaru ini akan memungkinkan Buk-M3 untuk mengurangi durasi antar tembakan ketika diluncurkan secara salvo, sebagaimana peluncurnya tidak harus berubah posisi dan mengangkat misil kearah target. Kini, roket dapat ditembakkan secara vertikal dan akan menyesuaikan target di udara.

Radar terbaru yang diusung oleh Buk-M3 juga memungkinkannya untuk mendeteksi flying object pada ketinggian yang sangat rendah, mulai dari 5 meter. Jarak serangan efektifnya pun bertambah panjang menjadi 70 kilometer jauhnya. Peluncurnya dipersenjatai dengan perangkat deteksi sasaran dengan pencitraan tele-thermal, sehingga dapat melacak target dalam kondisi cuaca dan cahaya apapun.

BACA JUGA :  Wow, Marinir Ini Latihan Menembak dengan Sasaran Hidup

Menurut saluran TV Rusia Zvezda, Buk-M3 dapat secara sekaligus melacak dan menyerang hingga 36 target, dengan peluang satu buah rudal dalam mengenai target sebesar 0,9 persen. Sistem persenjataannya juga dapat mencegat dan menghancurkan target di udara dengan kecepatan 3 kilometer per detik. Hal ini dua kali lipat lebih cepat ketimbang misil serupa yang dikembangkan oleh AS, yakni Patriot.

Paket Rudal Anti Pesawat Buk-M3 pertama diperkirakan akan dapat digunakan oleh militer Rusia pada tahun ini, sebagai bagian dari program persenjataan umum yang sedang berjalan. Kemampuan anti pesawat Rusia yang sudah solid pun diperkirakan akan semakin kokoh.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

76-warga-barcelona-demo-mendesak-gerakan-kemerdekaan-katalan

Sekitar Sejuta Warga Katalan Demo Mendesak Kemerdekaan dari Spanyol

0
Hobbymiliter.com - Ratusan ribu warga provinsi otonomi Katalan berkumpul dan turun ke jalanan lima kota berbeda di daerah tersebut, mendesak percepatan proses deklarasi kemerdekaan...

Recent Comments