Friday, April 26, 2024
HomeFilipina Sambut Pangkalan Militer AS Untuk Melawan Ekspansi Tiongkok

Filipina Sambut Pangkalan Militer AS Untuk Melawan Ekspansi Tiongkok

27-filipina-sambut-pangkalan-militer-as-untuk-melawan-ekspansi-tiongkok
Demonstrasi di Manila menentang ekspansi Tiongkok di wilayah Laut Cina Selatan yang disengketakan. Sumber: IB Times

“Pakta tersebut hanyalah bersifat implementasi hukum dan perjanjian yang sudah ada,” kata Te.

Aquino dulunya telah bernegosiasi dengan AS untuk membuat kesepakatan membantu Filipina, meningkatkan kemampuan militer mereka, dan menarik pasukan Amerika Serikat lebih dekat, demi melawan kehadiran Tiongkok yang berkembang sangat cepat di wilayah sengketa Laut Cina Selatan.

Presiden AS Barack Obama juga ikut mendorong diadakannya Perjanjian Peningkatan Kerjasama Pertahanan (EDCA) sebagai bagian dari “poros strategis” Asia-AS yang melibatkan kehadiran militer Paman Sam di wilayah Pasifik.

BACA JUGA :  Norwegia Batalkan Rencana Upgrade MBT Leopard

Namun perjanjian ini menghadapi tantangan hukum dari kelompok yang menentang keterlibatan militer AS di Filipina.

Filipina pernah menjadi tuan rumah dua pangkalan militer luar negeri terbesar AS hingga tahun 1992, sebelum Senat Filipina memutuskan untuk mengakhiri kerjasama tersebut karena kuatnya sentimen anti-AS di dalam negeri.

Panglima militer Filipina, Jenderal Hernando Iriberri segera menyambut baik putusan tersebut. Selasa (12/1) kemarin ia mengatakan bahwa kesepakatan itu akan membantu menangkal “kesenjangan kemampuan bersenjata” Filipina dan meremajakan angkatan bersenjatanya.

BACA JUGA :  ISIS Eksekusi 4 Komandan dan 35 Anggotanya Di Irak

Iriberri juga menekankan pakta itu akan mampu membantu Filipina “menjaga keamanan laut”, yakni istilah yang biasa dikaitkan ketika mengacu pada upaya untuk menangkal ekspansi Tiongkok di Laut Cina Selatan.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

AH-64D IAF

AH-64D Sharaf Dari Angkatan Udara Israel

0
HobbyMiliter.com - Helikopter Serang Boeing AH-64D Apache Longbow "Sharaf " Angkatan Udara Israel, dari Skadron "Ha'Tsira'ga ".

Recent Comments