Monday, May 20, 2024
HomeAngkatan Laut Rusia Kembangkan Kapal Selam Militer Tanpa Awak

Angkatan Laut Rusia Kembangkan Kapal Selam Militer Tanpa Awak

63-angkatan-laut-rusia-kembangkan-kapal-selam-militer-tanpa-awak
CONCEPT-M Autonomous Unmanned Underwater Vehicle. Sumber: Sputnik

Kendaraan Bawah Air Tanpa Awak (Unmanned Underwater Vehicle) telah digunakan untuk pengamatan laut, riset lingkungan dan pembersihan ranjau. Salah satu contoh kasus terbaru adalah Bluefin-21, yang ikut ambil bagian dalam mencari pesawat Malaysia Air MH370. Namun, kegunaan kapal selam tanpa awak dari segi militer akan mengikutsertakan kemampuan melakukan misi anti-kapal selam dan perang elektronika, serta pengumpulan data intelijen.

Amerika Serikat telah mengembangkan UUV selama lebih dari satu dasawarsa. Juli 2015, USS North Dakota, sebuah unit kapal selam kelas Virginia bertenaga nuklir, berhasil meluncurkan dan mengembalikan sebuah perangkat UUV. Ini adalah kali pertama Angkatan Laut AS mengadakan ujicoba serupa, yang pada saat itu menggunakan kendaraan tanpa awak jenis komersial yang sedang tersedia.

BACA JUGA :  TNI AL Rencanakan Lepas Meriam Utama KRI Slamet Riyadi 352 Untuk Dijadikan Simulator

Penggunaan kapal selam tanpa awak hingga saat ini masih terbatas karena teknologinya yang masih seumur jagung. Namun, masa depan perangkat ini sudah memperlihatkan tanda-tanda positif. Ini karena perusahaan pertahanan sedang beramai-ramai mengembangkan perangkat UUV siluman yang terjangkau, sama seperti pesawat tanpa awak (UAV) yang sudah merubah tatanan strategi militer banyak negara di medan perang.

Eileen Aurora
Eileen Aurora
Punya passion yang tinggi di penulisan artikel militer. Berusaha memberikan artikel artikel yang update di situs www.hobbymiliter.comSimak sajian berita militer hari ini dari kami setiap harinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

MARINIR AMERIKA SENANG BISA BERLATIH DENGAN MARINIR INDONESIA

1
MARINIR AMERIKA SENANG BISA BERLATIH DENGAN MARINIR INDONESIA - HobbyMiliter.com - Dispen Kormar (Banyuwangi).  Komandan Batalyon Infanteri 5 Marinir Letkol Marinir Arip Supriyadi, S.H.,...

Recent Comments